Pengaruh Atribut Produk, Iklan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific

Authors

  • Libni Eveneris Gea
  • Kartawinata Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Dian Septianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.662

Keywords:

Atribut Produk, Iklan, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract : This research aims to find out whether there is an influence of product attributes, advertising and price on purchasing decisions for Skintific products. Determining the sample in this research uses a purposive random sampling technique, namely a technique for determining the research sample with certain considerations with the aim of making the data obtained later more representative. The types of data used are primary and secondary data, with a sample size of 92 people. The analysis technique used is multiple linear regression. The research results based on the F test results show that there is a simultaneous influence of product attributes (X1), advertising (X2), price (X3) on purchasing decisions (Y). Based on the results of the t test, it shows that product attributes (X1) do not have a significant effect on purchasing decisions (Y) while advertising (X2) and price (X3) have a significant effect on purchasing decisions (Y).

Abstrak : 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atribut produk, iklan, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Skintific. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling, yaitu teknik menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representative. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, dengan jumlah sampel sebanyak 92 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh atribut produk (X1), iklan (X2), harga (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa atribut produk (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sedangkan iklan (X2) dan harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

References

Kotler, P., & Gary Armstrong, 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga.

Rizal, R., & Dini, M. (2023). Pengaruh Atribut Produk dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kain Songket di Kota Palembang. Jurnal Manajemen, 11 (2), 99-109.

Sungkar, N. F., & Budiatmo, A. (2016). Pengaruh Iklan, Atribut Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli dan Pengguna OPPO Smartphone di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5 (4), 223-233.

Saidani, B., & Ramadhan, D. R. (2013). Pengaruh Iklan dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy (Survei pada Pelanggan ITC Roxy Mas). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4 (1), 53-73.

Erdalina, W., & Evanita, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Citra Hand dan Body Lotion di Pariaman. Jurnal Riset Manajemen Bisnis dan Publik, 3 (1).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Libni Eveneris Gea, Kartawinata, & Dian Septianti. (2024). Pengaruh Atribut Produk, Iklan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific. Strategi, 14(1), 74–80. https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.662