Analisa Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Interior Set pada CV. Advisia Diantara Palembang

Authors

  • Hasyunah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Siti Hasania Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.621

Keywords:

Perencanaan, Pengendalian, Persediaan Bahan Baku

Abstract

Abstract : This study aims to determine the effect of skills, knowledge, motivation, and abilities on the performance of UMKM Bakso employees in Semarang City. The population studied was 385 employees. This study uses SPSS software with multiple regression tests as a hypothesis testing method. The results of the analysis and discussion show that the variable has a partial effect, namely Skills has a positive and significant effect on the performance of UMKM Bakso employees in Semarang City. Knowledge has a positive and significant effect on the performance of UMKM Bakso employees in Semarang City. Motivation has a positive and significant effect on the performance of UMKM Bakso employees in Semarang City and Ability has a positive and significant effect on the performance of UMKM Bakso employees in Semarang City.

Abstrak : Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa perencanaan dan pengendalian persediaan pada CV Advisia Diantara Palembang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah laporan pelaksanaan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku proyek interior set milik CV Advisia Diantara Palembang dari tahun sejak berdirinya perusahaan sampai tahun 2017. sampel yang digunakan adalah laporan pelaksanaan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku proyek interior set yang telah selesai dari tahun 2016 sampai tahun 2017. Sampling yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini perusahaan belum melaksanakan perencanaan dan pengendalian atas pengadaan bahan  baku dengan baik di dalam suatu pembelian dan perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut maka penulis menyarankan agar perusahaan CV Advisia Diantara Palembang memperhatikan perencanaan dan pengendalian persediaan barang yang baik untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan sehingga efektivitas dan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

References

Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Baldric, dkk. 2013. Akuntansi Biaya Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Donald E. Kieso, Jerry J, Weygandt, Terry D.Warfield. 2018. Akuntansi Intermediate. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen. 2013. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Eugene F. Bringham, Joel F. Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Hans Kartikahadi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay & Barry Render. 2010. Manajemen Operasi. Edisi Ketujuh Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen. 2013. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Eugene F. Bringham, Joel F. Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Hans Kartikahadi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay & Barry Render. 2010. Manajemen Operasi. Edisi Ketujuh Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Hasyunah, & Siti Hasania. (2024). Analisa Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Interior Set pada CV. Advisia Diantara Palembang. Strategi, 14(1), 37–44. https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.621