Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Pengetahuan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Listrik Prabayar (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Rayon Rivai)

Authors

  • Nadhiriyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Yunidar Erlina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Noviarni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Muhammad Ridwan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v15i1.1164

Keywords:

Bauran Pemasaran, Pengetahuan Pelanggan, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract : Marketing is a process by which companies create value for customers and build strong relationships with customers with the aim of capturing value from customers in return. For this company, in an effort to make purchasing decisions regarding the Marketing Mix and Customer Knowledge, it is important to use Prepaid Listirk, PT PLN (Persero) Rayon Rivai seeks to increase its sales by increasing marketing mix activities and providing knowledge to customers. This research aims to determine, analyze and prove the influence of the Marketing Mix (Product, Price, Promotion, Process) and Customer Knowledge on Prepaid Electricity Purchase Decisions at PT PLN (Persero) Rayon Rivai.  The research model used was a questionnaire distributed to 100 respondents as a sample.  The types of data in this research are primary and secondary data.  Primary data was obtained by distributing questionnaires to respondents based on the results of data processing with SPSS version 17.00.  The analysis used is Multiple Linear Regression with the following results: Y = 5.361 + 0.433X1+ 0.270X2 + 0.300X3+0.385X4 + 0.382X5 + e. The research results show that the Marketing Mix (Product, Price, Promotion, Process) and Customer Knowledge simultaneously or partially have a positive and significant effect on Prepaid Electricity Purchase Decisions by PT PLN (Persero) Rayon Rivai Customers.

Abstrak : Pemasaran merupakan suatu proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai  imbalannya. bagi perusahaan ini, dalam upaya mengambil keputusan pembelian terhadap  Bauran Pemasaran dan Pengetahuan Pelanggan adalah hal penting pemakaian Listirk Prabayar, PT PLN (Persero) Rayon Rivai berupaya meningkatkan penjualannya dengan cara meningkatkan kegiatan bauran pemasaran dan memberikan pengetahuan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,  menganalisis, dan membuktikan pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Promosi, Proses) dan Pengetahuan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Listrik Prabayar pada PT PLN (Persero) Rayon Rivai.  Model penelitian yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden sebagai sampel.  Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder.  Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada repsonden berdasarkan hasil pengolahan data dengan SPSS versi 17,00.  Analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan hasil sebagai berikut: Y = 5,361 + 0,433X1+ 0,270X2 + 0,300X3+0,385X4 + 0,382X5 + e. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Promosi, Proses) dan Pengetahuan Pelanggan secara simultan maupun secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Keputusan Pembelian Listrik Prabayar oleh Pelanggan PT PLN (Persero) Rayon Rivai. 

References

Asnawi, Nur dan Masyhuri.2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Press.

Assauri, Sofjan. 2012. Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value. EdisiPertama. Kharisma Putra Utama Offset.

Budiarti, Lina. 2010. Pengaruh Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer (Studi pada Pengguna Laptop Acer di Area Hotspot Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya). Skripsi Jurusan Manajemen Konsentrasi Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Gaspersz, Vincent. 2007. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan Adisaputro. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Isnawaty Abdillah. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Prabayar Telkomsel (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman)’. 2015. Hal 3-4.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler,Philip dan Gary Armstrong. 2011. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga. Ahli Bahasa Bob Sabran, M.M. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Keller, KevinLane. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Keller, KevinLane. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mundy Layungsari dan Tri Yuniati. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Martpoint”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Desember. 2015. Hal 12.

Rangkuti, Freddy. 2004. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saladin.2010.Pembelajaran Perusahaan. BPFE: Yogyakarta.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sitinjak, Durianto, Sugiarto, danYunarto, Holy Icun. 2004. Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Superior Customer Value. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen dan Penerapannya dalam Pemasaran.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy, dan Chandra, Gregorius. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: PenerbitAndi.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Usmara, A., 2007. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amarabooks.

www.pln.co.id

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Nadhiriyah, Yunidar Erlina, Noviarni, & Muhammad Ridwan. (2025). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Pengetahuan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Listrik Prabayar (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Rayon Rivai). Strategi, 15(1), 21–29. https://doi.org/10.52333/strategi.v15i1.1164