PENGARUH INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG), JANGKA WAKTU PENAWARAN (OFFER TIMING), HARGA PENAWARAN SAHAM (OFFERING PRICE), PERTUMBUHAN PENDAPATAN (REVENUES GROWTH) TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI IDX

Authors

  • Shelly Farida Tobing Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Sonang Pestaria Pangaribuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Muhammad Ridwan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v13i2.201

Keywords:

Offer Timing, Offering Price , Revenues Grow, IHSG

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui berapa besar pengaruh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Jangka Waktu Penawaran (Offer Timing), Harga penawaran Saham (Offering Price), Pertumbuhan Pendapat (Revenues Growth) terhadap Underpricing pada Perusahaan yang melakukan IPO di Indonesia Stock Exchange (IDX) baik secara simultan maupun parsial. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Analisis Kualitatif yang menganalisis data yang bukan angka atau angka yang berbentuk penjelasan yang tidak dapat dinyatakan dalan bentuk angka dan yang kedua metode Analisis Kuantitatif yaitu metode yang menganalisis yang dilakukan terhadap data dalam bentuk angka untuk menerapkan suatu penjelasan dari angka-angka tersebut.

Berdasarkan hasil uji F, penelitian ini menunjukkan  bahwa secara simultan  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), jangka waktu penawaran (Offer Timing), harga penawaran saham (offering price), pertumbuhan pendapatan (revenues growth) secara simultan tidak berpengaruh terhadap underpricing, sedangkan hasil Uji t, penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Indeks Harga Saham Gabungan tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, Variabel jangka waktu penawaran tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, Variabel harga penawaran saham tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, Variabel pertumbuhan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing.

References

Jogiyanto. 2018. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi ke-lima. Yogyakarta: BPFE.

Junaeni, Irawati dan Rendi Agustian. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering di BEI. Jurnal Ilmiah Widya. Volume I, Nomor I, Mei-Juni, hal 52-59.

Kieso et al. 2017. Pengantar Akuntansi. Edisi Ketujuh, Salemba Empat. Jakarta.

Kristiantari, Ayu Dewa I. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 2. No. 2

Martalena dan Malinda.2011. Pengantar Pasar Modal. Edisi Pertama.Yogyakarta: Andi.

Maya, Rista. 2013. Pengaruh Kondisi Pasar, Persentase Saham Yang Ditawarkan, Financial Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Underpricing Saham Yang IPO Di BEI Periode 2007-2011. Jurnal : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Puspita. 2014. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing pada saat Initial Public Offering (IPO) Di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2012”.

Shoviyah Nur Aini. 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan IPO di BEI Periode 2007-2011”. Universitas Islam Indonesia

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis Menggunakan Analisis Tabel Statistik. Alfabeta. Bandung.

Sunariyah. (2018).Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, edisi ke enam.Yogyakarta :UPP-AMP YKPN.

www.idx.co.id

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Shelly Farida Tobing, Sonang Pestaria Pangaribuan, & Muhammad Ridwan. (2023). PENGARUH INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG), JANGKA WAKTU PENAWARAN (OFFER TIMING), HARGA PENAWARAN SAHAM (OFFERING PRICE), PERTUMBUHAN PENDAPATAN (REVENUES GROWTH) TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI IDX. Strategi, 13(2), 84–98. https://doi.org/10.52333/strategi.v13i2.201