Implementasi Metode Time And Material Pricing Guna Menentukan Harga Jual Jasa pada Bengkel R-Win Motor

Authors

  • Eni Suasri Akuntansi, Politeknik Negeri Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  • Maulida Hirdianti Bandi Akuntansi, Politeknik Negeri Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  • Yuliani Akuntansi, Politeknik Negeri Tanah Laut, Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.656

Keywords:

Harga Jual, Jasa, Metode Time And Material Pricing

Abstract

Abstract : Pricing is very influential on company activities. In the aspect of price and the facilities offered from a service greatly affect the amount of income earned. One way that management can do to be competitive in the business world is to make a decision to set the right selling price for the services it offers. Determination of the selling price can be done using various methods, one of which is the Time And Material Pricing Method. This method focuses on two tariffs for determining the selling price. The first rate is determining the selling price of the direct labor time used to service the customer. The second tariff is determining the price of the materials used to service the customer. The purpose of this study is to determine the selling price of services determined using the Time And Material Pricing Method at the R-WIN motorbike repair shop. The analytical method uses descriptive qualitative research analysis. The results of the study illustrate that there is a difference caused by calculations made by the R-WIN motorbike repair shop which have not included indirect expenses incurred while the Time And Material Pricing Method takes into account indirect expenses and takes into account the assets issued, the author wants to provide input that the company should consider the Time And Material Method Pricing in determining the selling price, so that the company can obtain maximum profit by taking into account indirect costs and assets used.

Abstrak : Penentuan harga sangat berpengaruh pada kegiatan perusahaan. Dalam aspek harga dan fasilitas yang ditawarkan sebuah jasa sangatlah mempengaruhi banyaknya perolehan pendapatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan pihak manajemen agar bisa bersaing dalam dunia bisnis adalah dengan mengambil keputusan untuk menetapkan harga jual yang tepat bagi jasa yang ditawarkannya. Penentuan harga jual dapat dilakukan dengan berbagai metode salah satunya Metode Time And Material Pricing. Metode ini berfokus pada dua buah tarif penentuan harga jual. Tarif pertama adalah menentukan harga jual waktu tenaga kerja langsung yang digunakan untuk melayani pelanggan. Tarif kedua adalah menentukan harga bahan yang digunakan untuk melayani pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui harga jual jasa yang ditentukan dengan menggunakan Metode Time And Material Pricing pada bengkel R-WIN motor. Metode analisis menggunakan analisis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi perbedaan yang disebabkan perhitungan yang dilakukan bengkel R-WIN motor belum memuat pengeluaran tidak langsung yang dikeluarkan sedangkan Metode Time And Material Pricing memperhitungkan pengeluaran tidak langsung serta memperhitungkan aktiva yang dikeluarkan, penulis ingin memberikan masukan sebaiknya perusahaan mempertimbangkan Metode Time And Material Pricing dalam menentukan harga jual, agar perusahaan dapat memperoleh laba yang maksimal dengan memperhitungkan biaya tidak langsung dan aktiva yang digunakan.

References

Agus Purwaji, Wibowo, Sabarudin Muslim. 2018. Akuntansi Biaya Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Carl S. Warren dkk. 2015. Pengantar Akuntansi. Salemba Empat, Jakarta.

Effendi, Rizal. 2015. ACCOUNTING PRINCIPLES: Prinsip-prinsip Akuntansi Berbasis SAK ETAP. Jakarta: Rajawali Pers 2015.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Garrison, R. H., Noreen, E. W., Brewer, P. C., Nam, S. C., & Yuen, K. C. 2015. Managerial Accounting 2nd Edition, Asia Global Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo.

Iaiglobal.or.id. 2022. PSAK Umum. [online] Available at: https://web.iaiglobal.or.id/SAK-IAI/PSAK%20Umum [Accessed 10 Jun. 2023].

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).2016.Standar Akuntansi Keuangan revisi 2016. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Phillip. & Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. 2018. Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Montolalu, M., Morasa, J., & Anneke Wangkar. 2021. Penerapan Harga Jual Jasa Servis Kendaraan Sepeda Motor Berdasarkan Metode Time And Material Pricing Pada PT. Hasjrat Abadi Main Dealer Yamaha Malalayang. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1).

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi. 2018. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : UPP STIM YKPN .

Pontoh, W., & Budiarso, N. S. 2018. Ipteks penerapan metode penentuan harga jual normal dalam penentuan harga jual jasa (Studi kasus pada usaha Photocopy Gloria Manado). Jurnal ipteks akuntansi bagi masyarakat, 2(1).

Sodikin, Slamet, Sugiri. 2015. Akuntansi Manajemen-Sebuah Pengantar Edisi Kelima. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Sumardi, S., & Sukma, N. 2022. Perhitungan Harga Pokok Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Jasa Sewa Pameran Pada PT. Ad–House Primacipta. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2(1), 71-79.

Tamaka, N. R. 2022. Analisis Penetapan Harga Jual Jasa Service Dengan Menggunakan Metode Time And Material Pricing pada PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 5(2), 745-754.

Tika Ulfianinda. 2020. 7 Karakteristik Perusahaan Jasa yang Wajib Diketahui. [online] MAS Software. Available at: https://www.mas-software.com/blog/pengertian-dan-karakteristik-perusahaan-jasa#1-karakteristik-perusahaan-jasa- [Accessed 5 Apr. 2023].

Tommy. 2020. Pengertian perusahaan jasa. [online]. Available at: https://kotakpintar.com/blog/pengertian-perusahaan-jasa/ [Accessed 8 Mey.2023]

Zafirah, A. F., & Putri, R. L. 2022. Analisis Penentuan Harga Jual Jasa Make Up Dan Hairdo Menggunakan Model Cost Plus Pricing (Studi Kasus Pada Salon Ima Skincare dan Make Up Desa Kenongo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar). JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), 2(2), 57-75.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Eni Suasri, Maulida Hirdianti Bandi, & Yuliani. (2024). Implementasi Metode Time And Material Pricing Guna Menentukan Harga Jual Jasa pada Bengkel R-Win Motor. Strategi, 14(1), 55–73. https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.656