GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: STUDI DI KELAS VIII SMP NEGERI 46 PALEMBANG

TEACHING STYLES AND STUDENTS' LEARNING MOTIVATION: A STUDY IN GRADE VIII OF SMP NEGERI 46 PALEMBANG

Authors

  • Tiara Anggraini Agustoni Universitas Tridinanti
  • Nurulanningsih Universitas Tridinanti
  • Edi Suryadi Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v6i2.1379

Keywords:

Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Motivasi belajar yang dimiliki siswa mempunyai pengaruh besar terhadap suksesnya kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain ditentukan oleh dorongan internal siswa, motivasi belajar juga memiliki pengaruuh dari faktor luar seperti gaya mengajar guru saat menjelaskan materi pelajaran. Pola pembelajaran yang kaku dan kurang interaktif dapat menyebabkan siswa merasa bosan, kehilangan fokus, dan menurunnya motivasi belajar. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk melihat hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 46 Palembang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel terdiri dari 35 siswa kelas VIII.5 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Angket tertutup digunakan sebagai alat ukur dalam mengidentifikasi gaya mengajar guru serta motivasi belajar siswa. Keabsahan dan konsistensi instrumen telah diperiksa dengan hasil reliabilitas tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata skor gaya mengajar guru sebesar 50,94, yang termasuk kategori sangat rendah, sementara rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 59,71, tergolong rendah. Sebagian besar siswa (91,42%) menilai gaya mengajar guru pada kategori sangat rendah, dan 60% siswa memiliki motivasi belajar rendah. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara gaya mengajar dan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi 0,657 dan signifikansi 0,000. Artinya, semakin baik gaya mengajar guru, semakin tinggi motivasi belajar siswa.

References

Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Cahya, L. (2020). Pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 SDN Ngebruk 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Seminar Nasional PGSD Unikama, No. 2 Vol. 4.

Darmanah. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung Selatan : Cv. Hira Teach.

Ibrahim, A. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Male, V. (2021). Hubungan antara strategi mengajar guru dengan motivasi siswa di SMK Negeri Model Gorontalo Kecamatan Botupingge sebagaimana dimuat dalam Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Vol. 10 No. 1.

Mayasari, N. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jawa Tengah: CV. Rizquna.

Nuryadi. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Priadana, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Vol. 2 No. 8.

Rahmat, H. (2018). Hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, Vol. 10 No. 2

Santoso. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Indigo Media.

Sardiman. (2018). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, Vol. 11 No. 1.

Sintia, D. (2021). Analisis gaya mengajar guru dalam buku strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, Dan R Dan D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Suparman. (2023). Gaya Mengajar yang Menyenangkan bagi Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Umar, N. (2022). Gaya mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Al Khairat Sospol Kota Manado. Journal of Elementary Educational Research, Vol. 2 No. 1.

Veronica, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Downloads

Published

31.07.2025

How to Cite

Agustoni, T. A., Nurulanningsih, & Edi Suryadi. (2025). GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: STUDI DI KELAS VIII SMP NEGERI 46 PALEMBANG: TEACHING STYLES AND STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION: A STUDY IN GRADE VIII OF SMP NEGERI 46 PALEMBANG. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 6(2), 132–141. https://doi.org/10.52333/didactique.v6i2.1379

Issue

Section

##section.default.title##