ANALISIS RUBRIK PENILAIAN MENULIS PUISI PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Authors

  • Ernani Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Anri Nofitria Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Sumarwati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v4i2.146

Keywords:

rubrik penilaian, menulis puisi

Abstract

The purpose of this study was to reveal the rubric for writing poetry in Indonesian Language Lessons for Class VIII of SMP Negeri 6 Kayuagung. This research is a qualitative descriptive study with the data source in the form of a poetry writing assessment rubric used by Indonesian language teachers for class VIII at SMP Negeri 6 Kayuagung. Data collection techniques through observation, interviews, and document analysis. Meanwhile, data analysis techniques start from collecting data in the form of lesson plans, classifying and interpreting lesson plans based on the syllabus and assessment rubric, and concluding. The results of the study found that the assessment rubric used by Indonesian language teachers at SMP Negeri 6 Kayuagung was in accordance with the learning objectives, basic competencies and competency achievement indicators, and was in accordance with the lesson plan (RPP). However, there are notes that must be corrected regarding the completeness of the assessment aspects in writing poetry. From the rubrics found, the assessment aspects which include the physical and mental structures in the poem are not completely stated, and there is no score interval to measure the extent to which each aspect is assessed.

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengungkapkan rubrik penilaian menulis puisi pada RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa rubrik penilaian menulis puisi yang digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 6 Kayuagung. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa rubrik penilaian yang digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Kayuagung telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator capaian kompetensi, dan telah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Akan tetapi, terdapat catatan yang harus diperbaiki terkait kelengkapan aspek penilaian dalam menulis puisi. Dari rubrik yang ditemukan, aspek penilaian yang meliputi struktur fisik dan batin dalam puisi tidak dituangkan secara lengkap, serta tidak adanya interval skor untuk mengukur sejauh mana ketercapaian setiap aspek yang dinilai tersebut.

References

Alek & Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dzakhiroh, Arihunnisa. 2017. Analisis Rubrik Penilaian Menulis Sastra. https://ejournal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbsi/article/download/8408/8009.

Endrayanto, H.Y Sunu, Yustiana W.H. 2014. Aplikasi Rubrik untuk Penilaian Belajar Siswa. Yogyakarta: PT Kanisius.

Ernani. 2021. Mahir Menulis Cerpen. Yogyakarta: Deepublish.

Kemdikbud. 2018. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Mandrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Indonesia.

Kosasih. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: PT Perca.

Kurniawan, Heru; Sutardi. 2014. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Leo, Susanto. 2017. Mencerahkan Bakat Menulis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nursatria, Julian. 2021. Pengembangan Instrumen Tes dan Rubrik Penilaian Membaca Teks Puisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Skrispi (S1) Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/63877/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Rahmawati, Rosa., S, Apriliya., A, Mulyadiprana. 2021. Pengembangan Rubrik Penilaian Menulis Puisi di Sekolah Dasar. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/39236.

Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS.

Downloads

Published

31.07.2023

How to Cite

Ernani, Anri Nofitria, & Sumarwati. (2023). ANALISIS RUBRIK PENILAIAN MENULIS PUISI PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 4(2), 116–126. https://doi.org/10.52333/didactique.v4i2.146

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)