PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SEBAGAI PENGEMBANGAN PROFESI GURU BAHASA INDONESIA

Authors

  • Nurulanningsih Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v4i1.50

Keywords:

penelitian, tindakan kelas, guru profesional

Abstract

In general, research is carried out by experts so that the problems studied are often not well understood by teachers. As a result, the teacher who is the object of study is not involved in the formation of knowledge. For this reason, a teacher is required to conduct research. The role of the teacher in the teaching and learning process is very important, because the strategy used also determines the success of teaching. For this reason, it is important for teachers as practitioners to collaborate with other teachers or researchers to enrich their insights through classroom action research. The purpose of writing this article is to describe the steps in classroom action research. Classroom action research is intended for the benefit of teachers in the classroom with the intention of encouraging and awakening teachers to have an awareness of self-reflection and criticism of their professional activities and performance to improve the learning climate in their work environment. Classroom action research is a dynamic process in the form of a spiral consisting of: plan, action, observation, and reflection. The aim is to reconcile the dimensions of discourse and practice with the dimensions of construction and reconstruction, so that improvements in practice and understanding can be achieved in a systematic, responsive and reflective manner. This type of classroom action research has been widely carried out in Indonesia, the findings of which conclude that there is an increase in teacher professionalism, including in: designing teaching, using multiple teaching methods, emphasizing student center oriented, evaluating student competency, improving student learning outcomes, teacher and student collaboration, organizing subject matter, the role of the teacher as a facilitator and moderator of learning.

Abstrak

Umumnya penelitian dilakukan oleh pakar sehingga masalah yang diteliti sering kurang dihayati oleh guru. Akibatnya, guru yang menjadi objek kajian tidak terlibat dalam pembentukan pengetahuan. Untuk itulah seorang guru diwajibkan melakukan penelitian. Peran guru dalam proses belajar mengajar sangat penting, karena strategi yang digunakan turut menentukan keberhasilan pengajaran. Untuk  itu,  penting bagi guru sebagai praktisi berkolaborasi dengan guru lain atau peneliti untuk memperkaya wawasannya melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research). Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ditujukan untuk kepentingan guru di kelas dengan maksud mendorong dan membangkitkan guru agar memiliki kesadaran melakukan refleksi dan kritik diri terhadap aktivitas dan unjuk kerja profesionalnya bagi peningkatan iklim pembelajaran di lingkungan kerjanya. Penelitian tindakan kelas merupakan proses dinamis dalam bentuk spiral terdiri dari: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuannya adalah untuk mempertemukan antara dimensi wacana dan praktik dengan dimensi konstruksi dan rekonstruksi, sehingga peningkatan dalam praktik dan pemahaman dapat dicapai secara sistematik, responsif, dan reflektif. Jenis penelitian tindakan kelas ini telah banyak dilaksanakan di Indonesia yang temuannya menyimpulkan adanya peningkatan profesional guru antara lain dalam: mendisain pengajaran, penggunaan multi metode mengajar, penekanan pada student center oriented, evaluasi kompetensi siswa, peningkatan hasil belajar siswa, kerjasama guru dan siswa, pengorganisasian materi pelajaran, peran guru sebagai fasilitator dan moderator pembelajaran.

References

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib. Z. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pramawidya.

Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: rajawali Pers.

Madya. S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Pidarta, I. M. (2009). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran; Menegembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya. W. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwandi. S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Uno, H. B. (2016). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, I. G. A. K. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

31.01.2023

How to Cite

Nurulanningsih. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SEBAGAI PENGEMBANGAN PROFESI GURU BAHASA INDONESIA. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61. https://doi.org/10.52333/didactique.v4i1.50

Issue

Section

##section.default.title##