MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Indah Sulmayanti Universitas Nurul Huda
  • Widia Pramesti Universitas Nurul Huda
  • Devita Jurnisa Universitas Nurul Huda
  • Hersi Tria Pratiwi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v6i2.1397

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Membaca, Menulis

Abstract

ABSTRAK: Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan mampu memberikan kontribusi positif dalam masyarakat. Salah satu upaya strategi yang dapat dilakukan adalah melalui pembelajaran Indonesia, khususnya melalui keterampilan membaca dan menulis. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran membaca dan menulis dalam pembentukan karakter siswa serta menggambarkan strategi pembelajaran yang mendukung pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, mengkaji berbagai sumber ilmiah seperti buku, artikel, dan jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membaca dan menulis tidak hanya memperkuat kemampuan literasi siswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter seperti akhlak mulia, berpikir kritis, kreatif, dan tanggung jawab. Misalnya, membaca cerpen Robohnya Surau Kami mendorong siswa untuk memahami pentingnya keseimbangan antara ibadah dan tanggung jawab sosial, sedangkan kegiatan menulis mendorong ekspresi ide secara jujur ​​dan bertanggung jawab. Pendidikan karakter dalam pembelajaran membaca dan menulis mencakup proses pengembangan nilai moral, etika, dan sosial yang terintegrasi dalam aktivitas literasi. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Indonesia berpotensi menjadi media yang efektif dalam membentuk karakter siswa melalui aktivitas membaca dan menulis yang terarah dan bermakna. Artikel ini juga memberikan referensi strategi bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis karakter.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Membaca, Menul is

 

ABSTRAK: 

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Salah satu upaya strategis yang dapat dilakukan adalah melalui pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya melalui keterampilan membaca dan menulis. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran membaca dan menulis dalam membentuk karakter peserta didik dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang mendukung pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, mengkaji berbagai sumber ilmiah seperti buku, artikel, dan jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membaca dan menulis tidak hanya memperkuat keterampilan literasi peserta didik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter seperti akhlak mulia, berpikir kritis, kreatif, dan tanggung jawab. Misalnya, membaca cerpen “Robohnya Surau Kami” mendorong peserta didik untuk memahami pentingnya keseimbangan antara ibadah dan tanggung jawab sosial, sedangkan kegiatan menulis mendorong penyampaian gagasan secara jujur ​​dan bertanggung jawab. Pendidikan karakter dalam pembelajaran membaca dan menulis meliputi proses pengembangan nilai-nilai moral, etika, dan sosial yang diintegrasikan ke dalam kegiatan literasi. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia berpotensi menjadi media yang efektif dalam membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan membaca dan menulis yang terarah dan bermakna. Artikel ini juga menyediakan referensi strategis bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis karakter.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Membaca, Menulis

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Abd Rahman, B.P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 18.

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 333. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688

Aulia, F. N., Millah, N. H., Nurholiza, Alfazriani, R. S., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2023). Dampak Gerakan Literasi Terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 151160. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.811

Ependi, N. H., Pratiwi, D., Ningsih, A. M., Kamilah, A., Wijayanto, P. W., Dermawan, H., … Wibowo, T. P. (2023). Pendidikan Karakter.

Haki, U., Prahastiwi, E. D., & Hasibuan, N. S. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 119. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hasan, H., Bora, A., Afriani, D., Artiani, L. E., Puspitasari, R., Susilawati, A., … Hakim, A. R. (2025). Metode Penelitian Kualitatif. Padang: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Karimah, A., Alfatikarahma, N., & Fauziah, A. (2024). Studi Literatur: Peran Penting Literasi Membaca dalam Upaya Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 623634. Retrieved from https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/670

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2020). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 184–206. https://doi.org/10.4324/9781315422138-8

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24

Rizqiyah, A. M., & Arsanti, M. (2022). Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembudayaan Literasi Di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung, 4(November), 177183. Retrieved from https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27286

Rohmatun, S., Alatas, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi : Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa Siswa. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1).

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Wardarita, R. (2020). Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4 . 0. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(1), 39–45.

Downloads

Published

31.07.2025

How to Cite

Indah Sulmayanti, Widia Pramesti, Devita Jurnisa, & Hersi Tria Pratiwi. (2025). MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.52333/didactique.v6i2.1397

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)