Hubungan Kebiasaan Menonton Drama Korea Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMK Xaverius 1 Belitang

The Relationship Between the Habit of Watching Korean Dramas and the Ability to Write Drama Scripts of Grade XI Students of SMK Xaverius 1 Belitang.

Authors

  • Laurensia Ratna Sari Agulina Laurensia
  • Nurulanningsih universitas Tridinanti
  • Nyayu Lulu Nadya Universitas Tridinanti

Keywords:

kebiasaan menonton drama Korea, menulis naskah drama

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menentukan hubungan yang signifikan antara dua variabel yang diteliti, yaitu kebiasaan menonton drama Korea (X) dan kemampuan menulis naskah drama (Y). Populasi penelitian ini terdiri dari tiga kelas dengan total jumlah 51 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 22 siswa dari kelas XI Manajemen Perkantoran. Teknik penelitian menggunakan kuesioner dan tes. Kuesioner terdiri dari 28 item pernyataan diberikan untuk mengetahui tingkat kebiasaan siswa menonton drama Korea dan Tes menulis naskah drama digunakan untuk mengetahui seberapa baik siswa memahami materi. Pengolahan data uji analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi product moment. Hasil uji pengolahan data menunjukkan terdapat hubungan antara variabel (X) dan (Y). Nilai signifikan antara kedua variabel sebesar 0,049<0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan. Nilai Rhitung sebesar 0,424>0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  diterima dan  ditolak. Kriteria kekuatan hubungan antara dua variabel mempunyai hubungan yang cukup.

 

 

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan teori dan praktik dalam pendidikan. Medan: CV Widya Puspita.

Abubakar, R. (2021). Pengantar metodologi penelitian. Yogyakarta: Suka-press.

Hasanuddin. (2019). Drama karya dalam dimensi kajian teori, sejarah, dan analisis. Bandung: CV Angkasa.

Kusumastuti, A., Khoirin, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Semarang: CV Budi Utama.

Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian kesusastraan (sebuah pengantar). Madiun: CV Ae Media Grafika.

Malik, A., & Chusni, M. (2018). Pengantar statistik pendidikan teori dan aplikasinya. Yogyakarta: Deepublish.

Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyaningsih, I. (2015). Drama pengetahuan dan apresiasi. Klaten: PT Intan Pariwara.

Ulya, S. Z. (2013). Korelasi antara kebiasaan menonton drama FTV dengan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI MA Nurul Huda Depok tahu pelajaran 2013/2014. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jawa Barat: Kencana.

Downloads

Published

31.01.2025

How to Cite

Agulina, L. R. S., Nurulanningsih, & Nyayu Lulu Nadya. (2025). Hubungan Kebiasaan Menonton Drama Korea Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMK Xaverius 1 Belitang: The Relationship Between the Habit of Watching Korean Dramas and the Ability to Write Drama Scripts of Grade XI Students of SMK Xaverius 1 Belitang. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 6(1), 81–91. Retrieved from https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/Didactique/article/view/1144

Issue

Section

##section.default.title##