PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS HASIL OBSERVASI

Authors

  • Ekarina Oktasari Universitas Tridinanti
  • Edi Suryadi Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v4i1.43

Keywords:

Media audiovisual, Menyimak teks hasil observasi

Abstract

This study aims to determine the effect of learning strategies using demonstration methods assisted by audio-visual media on the ability to listen to text reports from observations in class VII students of SMPN I Banyuasin II. This research is a quantitative research. The research sample consisted of two classes, namely class VII.A as an experimental class using audiovisual media in learning and class VII.B as a control class using conventional learning methods and a sample of 66 students. Data collection techniques use tests (pretest and posttest) and reliability tests use the Alpha formula and data processing techniques use t-test calculations with the SPSS 22.0 program. The independent variable (independent variable) in this study is audiovisual media, while the dependent variable (dependent variable) is the ability to listen to the observed text. The average value of the control class pretest was 61.52 and the control class posttest average was 69.97. While the average pretest score of the experimental class was 68.58 and the average posttest of the experimental class was 74.67. Then, the t-test sample pair for the control class has a calculated value of 10.018 and the experimental class sample pair has a calculated value of 8.465 and the calculated value of both studies > the calculated table value is 0.3388 for 32 degrees of freedom. The research hypothesis is that the tcount value is 2.309 and if compared to the ttable range of 64 with a significance level of 0.05 which is equal to 0.2423. This means that the research hypothesis Ha is accepted and H0 is rejected. So it can be concluded that there is a significant influence between the use of audiovisual media compared to conventional methods in learning on the ability to listen in the text reports observed by class VII students of SMPN 1 Banyuasin II.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menyimak laporan teks hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN I Banyuasin II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional dan sampel penelitian sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha serta teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan Program SPSS 22,0. Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini, yaitu media audiovisual, sedangkan variable terikat (dependent variable) yaitu kemampuan menyimak teks hasil observasi.  Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 61,52 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 69,97.  Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 68,58 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 74,67.  Kemudian, pair sampel t-test untuk kelas kontrol memiliki nilai hitung 10.018 dan pair sampel kelas eksperimen memiliki nilai hitung 8.465 dan nilai hitung penelitian keduanya > nilai hitung table yaitu  0,3388 untuk derajat kebebasan 32.  Hipotesis penelitian yaitu nilai thitung sebesar 2,309 dan jika dibandingkan dengan ttabel kisaran 64 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 0,2423.  Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak.  Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audiovisual dibandingkan metode konvensional dalam pembelajaran terhadap kemampuan menyimak dalam laporan teks hasil observasi siswa kelas VII SMPN 1 Banyuasin II.

References

Daeng, K., Amir, dan J. Hamsa, A. (2010). Pembelajaran Keterampilan Menyimak. Makkasar: Bibliografi

Nasution, S., Nurbaiti, dan Arfannudin. (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII. Medan: Guepedia.

Nurjamal, D., Sumirat, dan M. Darwis, R. (2019). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2016) Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A. dan Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Novatif dan Pengembangannya. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Setiawati, I. (2012). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sukmadinata.N.S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

31.01.2023

How to Cite

Ekarina Oktasari, & Edi Suryadi. (2023). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS HASIL OBSERVASI . JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 4(1), 01–10. https://doi.org/10.52333/didactique.v4i1.43

Issue

Section

##section.default.title##