Pengaruh Teknik Copy The Master dalam Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMAN 1 Kandis

The Influence of the Master Copy Technique on the Short Story Writing Ability of Class XI Students at SMAN 1 Kandis

Authors

  • tutialawiyah tuti Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Yeyen Yusniar uniski
  • Iin Parlina uniski
  • Novi Santi uniski
  • Ernani uniski
  • Alia uniski
  • Triska Purnamalia uniski

Keywords:

teknik copy the master, menulis, cerita pendek

Abstract

Pengaruh Teknik Copy The Master  dalam Kemampuan Menulis Cerpen  XI SMAN 1 Kandis Ogan IliR. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh teknik Copy The Master terhadap kemampuan Menulis Cerpen siswa kelas kelas XI SMA Negeri 1 Kandis Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan adalah quasi experimental,  populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandis Kabupaten Ogan  Ilir. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan menulis cerpen antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kegiatan pretest kemampuan menulis teks cerpen  siswa kelas eksperimen 61,69 dan kegiatan postest 79,42. Nilai rata-rata kegiatan pretest kelas kontrol 65.07 dan kegiatan postest 72,07. Berdasarkan tabel uji sampel independen di atas, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Nilai thitung sebesar 3,681 dengan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan thitung (3,681) > ttabel (1,668) mempunyai validitas df 51. Dengan kriteria pengujian yaitu probabilitas < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak sedangkan Ha diterima.Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks cerpen siswa yang diajar menggunakan teknik copy the master dengan siswa yang diajar menggunakan teknik Project Based Learning.

References

Fajri, M. I., Asri, Y., & Afnita, A. Pengaruh teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas x man 1 padang. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 158- 162. https://scholar.google.co.id/scholar?start=10&q=Metode+copy+the+master&hl=id&as_sdt=0,5. Diunduh pada tanggal 2/9/2019.

Hasim, H. . Free writing. Yogyakarta: B First.. 2017

Hayati, A. Pengaruh Metode Copy the Master Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas Xsma Nusantara Lubukpakam T 2012/2013. Basastra, 1(3). https://scholar.google.co.id/scholar?start=10&q=Metode+cop.2013

Kurniawan, Heru. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.2012

Kosasih. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Penerbit Yrama. 2012

Widya. Maharimim, Ismail.. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Raya.

Sanusi, A. Effendi. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar

Sugiono. Metode penelitian.Kuantitatif, kualitatif, dan R&D Bandung: CV

alfabeta; 2017.

Downloads

Published

31.01.2025

How to Cite

tuti, tutialawiyah, Yeyen Yusniar, Iin Parlina, Novi Santi, Ernani, Alia, & Triska Purnamalia. (2025). Pengaruh Teknik Copy The Master dalam Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMAN 1 Kandis: The Influence of the Master Copy Technique on the Short Story Writing Ability of Class XI Students at SMAN 1 Kandis. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 6(1), 48–62. Retrieved from https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/Didactique/article/view/1028

Issue

Section

##section.default.title##