MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.52333/didactique.v4i1.49Keywords:
Menulis, ResensiAbstract
Ths study aims to determine the ability to write riviews student class XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. This research uses descriptive quantitative. The population of this study amounted to 134 SMA Islam Az-Zahrah Palembang. The sampling tecgnique used was purposive sampling. Sample the research used class XI IPA 2 totaling 33 students. The results of writing riviews for students in class XI IPA 2 with an averageof 78,545 the value obatained from the results of writing riviews showed that the score of 60 was obtained by 3 people. The score of 62 was obtained by 1 person, the value of 65,67 is 1 people. The value of 70 is obtained by 3 people. The value of 75 was obtained by 3 people. The value of 77 was obtained by 2 people. The value of 80 was obtained by 10 people. The value of 82, 85, 90 was obtained by 1 person. The value of 95 was obtained by 5 people. The value of 97 was obtained by 1 person. The conclusion of this study is that there is an increase in the ability to write reviews of students in class XI Islam Az-Zahrah Palembang.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Penelitian ini menggunakan dekriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 134 siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian yaitu menggunakan kelas XI IPA 2 berjumlah 33 siswa. Hasil menulis resensi siswa kelas XI IPA 2 dengan rata-rata sebesar 78,545. Nilai tersebut diperoleh dari hasil menulis resensi menunjukan bahwa nilai 60 diperoleh sebanyak 3 orang, nilai 62 diperoleh sebanyak 1 orang, nilai 65,67 diperoleh sebanyak hanya 1 orang, nilai 70 diperoleh sebanyak 3 orang, nilai 75 diperoleh sebanyak 3 orang, nilai 77 diperoleh sebanyak 2 orang, nilai 80 diperoleh sebanyak 10 orang, nilai 82, 85, 90, hanya diperoleh 1 orang, nilai 95 diperoleh sebanyak 5 orang, dan terakhir nilai 97 diperoleh sebanyak 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang.
References
Arikunto, S. (2018). Dasar- dasar evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman, 2014. Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Istiqomah, Suherli, M., Suryaman & A. Septiaji. (2017). Buku guru bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khotimah, Husnul dan Kartika Chrysanti Suryandari, 2016. “Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Panjer”. Jurnal FKIP UNS. Diakses Pada 11 Oktober 2022
Manesah, D dan MA. Mursid Alfathoni. (2020). Pengantar teori film. Yogyakarta: CV Budi Utami.
Mayaningrum, Astarina. 2010. “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negri 3 Jombang dengan Menggunakan Metode CIRC”. Karya Ilmiah.um.ac.id. diakses 19 oktober 2022
Septiaji, Aji. 2015. “Membangun Keterampilan Menulis”. Dalman Kompasiana. Edisi Selasa, 26 Febuari 2013. Jakarta.
Sugiyono, (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Khotimah, Husnul dan Kartika Chrysanti Suryandari, 2016. “Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Panjer”. Jurnal FKIP UNS. Diakses Pada 11 Oktober 2022 7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dyah Ayu Pertiwi, F.A. Milawasri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.