PENGARUH MODEL ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG

THE INFLUENCE OF THE ROUND TABLE MODEL ON THE POEM WRITING ABILITY OF CLASS VII STUDENTS OF STATE MIDDLE SCHOOL 3 KAYUAGUNG

Authors

  • novisanti novi universitas islam ogan komering ilir kayuagung
  • Tuti Alawiyah universitas islam ogan komering ilir kayuagung
  • Iin Parlina universitas islam ogan komering ilir kayuagung
  • Yeyen Yusniar universitas islam ogan komering ilir kayuagung
  • Alia universitas islam ogan komering ilir kayuagung
  • Ttiska Purnamalia universitas islam ogan komering ilir kayuagung
  • Ernani universitas islam ogan komering ilir kayuagung

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v5i2.440

Keywords:

menulis pantun, model round table

Abstract

ABSTRAK: Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model round table terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kayuagung. Dengan menulis bisa meluangkan hasil pemikiran kita berupa ide dan gagasan yang kita miliki ke dalam bentuk tulisan. Sehingga, kegiatan menulis memerlukan kerangka yang lebih dalam lagi agar penulis dapat mengungkapkan ide, pemikiran, secara sederhana dan cepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pra-eksperimental untuk menguji  penerapan model round table dalam kegiatan belajar menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kayuagung. Desain penelitian pada penelitian ini adalah single group pre-test and post-test design, dapat diketahui bahwa pada kelas eksperimen pada tes pertama diperoleh nilai tertinggi 85, nilai terendah 50, dan nilai rata-rata 61,55. Pada ujian akhir, nilai tertinggi 95, nilai terendah 65, dan nilai rata-rata 80,86. Sedangkan siswa kelas kontrol pada tes pertama memperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 50, dan nilai rata-rata 60,52. Pada ujian akhir, nilai tertinggi 90, nilai terendah 55, dan nilai rata-rata 70,52. Sehingga diketahui bahwa tingkat ketuntasan pembelajaran telah tercapai secara signifikan › 0,05 dan tingkat keabsahan 56. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat  perbedaan kemampuan menulis pantun  dengan menggunakan model round table.

 ABSTRACT: Folklore as a literary work has a function as a means of conveying values ​​in shaping national character. Character education is believed to be able to bring students to know cognitive and affective values ​​and put these values ​​into practice in a real way. Character education is seen as an effort to create a generation of the nation that is cognitively and spiritually mature. Apart from that, character education also has a positive impact on Indonesian education. One of the government's efforts to facilitate character-forming learning is through education, namely reintroducing folklore. The Hikayat Raja Miskin is a folk tale from South Sumatra which contains a lot of character education value. This research aims to describe the value of character education in the South Sumatran folktale Hikayat Raja Miskin. The research was conducted using descriptive qualitative methods. The research data takes the form of sentence quotations obtained through the main data source, namely the South Sumatran folktale Hikayat Raja Miskin. The data was collected using note-taking techniques. Once collected, the data is analyzed using interactive techniques. The results of the research show that the Hikayat Raja Miskin contains quite a variety of character education values. The character education values ​​referred to include religious, communicative, curious, respect for achievement, responsibility, creative, social care, independence, hard work, care for the environment, and love of peace.

References

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamarah dan Aswan. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Indrawati. (2008). Aktif Berbahasa Indonesia untuk SMP. Jakarta: PT Rineka.

Mutati’ah. (2013). Penerapan Teknik Round Table untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indagri Hulu. Pekan Baru: Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

Pratama. (2015). Koleksi Pantun dan Puisi. Surabaya: Pustakan.

Priyanto. (2016). Kamus Lengkap Pantun Indonesia. Jakarta: Kunci Aksara.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Wicaksono. (2014). Pengkajian Proda Fiksi. Yogyakarta: Grundhawaca.

Yudha, M. (2008). Strategi Pembelajaran Kooferatif. Bandung: CV. Bintang Wali Artika.

Downloads

Published

31.07.2024

How to Cite

novi, novisanti, Tuti Alawiyah, Iin Parlina, Yeyen Yusniar, Alia, Ttiska Purnamalia, & Ernani. (2024). PENGARUH MODEL ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG: THE INFLUENCE OF THE ROUND TABLE MODEL ON THE POEM WRITING ABILITY OF CLASS VII STUDENTS OF STATE MIDDLE SCHOOL 3 KAYUAGUNG. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 5(2), 92–99. https://doi.org/10.52333/didactique.v5i2.440

Issue

Section

##section.default.title##