PENGGUNAAN MEDIA CANVA DALAM MENGANALISIS STRUKTUR TEKS ULASAN FILM

USING CANVA MEDIA IN ANALYZING FILM REVIEW TEXT STRUCTURE

Authors

  • Sinta Adelia Universitas Tridinanti
  • Edi Suryadi Edi Universitas Tridinanti
  • F. A Milawasri Universitas Tridinanti

Keywords:

media canva, teks ulasan, film

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media canva terhadap kemampuan menganalisis struktur teks ulasan film siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media canva terhadap kemampuan menganalisis struktur teks ulasan film dibandingkan dengan media teks cetak pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1 dengan jumlah siswa 135. Pengumpulan data menggunakan metode pre test-post test control group design. Hasil  yaitu 14,653 lebih besar dibandingkan dengan  sebesar 1,706. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dengan post test menganalisis struktur teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Hasil rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 85,59 Telah menunjukkan peningkatan dari hasil pre test sebesar 62,11. Melalui hasil uji t pada skor post test kelas eksperimen dan kontrol didapatkan nilai sebesar 3.178 Nilai tersebut apabila dibandingkan  sebesar 1,675 maka lebih besar (3,178 > 1,675).

References

Arifin, M., H Syahputra., & I. H. Batubara. (2022). Media pembelajaran berbasis ICT. Medan: UMSU Press.

Herlianthusonfri, J. (2018). Panduan affiliate marketing untuk pemula panduan lengkap menghasilkan income dari affiliate marketing untuk pemula. Jakarta: PT Gramedia.

Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Surabaya.

Minhjul, N. (2021). Mekar berseri di masa pandemi (Kumpulan best practices inovasi pembelajaran pada sekolah model di masa pandemic covid 19) SMP, SMA, SMK. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nurhasnawati., Zarkasih., R Vebrianto., I. A. Gafur., & D. Indriyani. (2021). Pengembangan media dan sumber belajar untuk mahasiswa. Riau: DOTPLUS.

Rachmat, E. (2019). Explore bahasa indonesia untuk SMP/MTS kelas VIII. Bandung: Duta.

Ramadhanti, D., & D. P. Yanda. (2022). Pembelajaran menulis teks: Suatu Pendekatan Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.

Susanti, A. I. (2021). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Jawa Tengah: Nasya Expanding Management.

Downloads

Published

31.01.2024

How to Cite

Sinta Adelia, Edi, E. S., & F. A Milawasri. (2024). PENGGUNAAN MEDIA CANVA DALAM MENGANALISIS STRUKTUR TEKS ULASAN FILM : USING CANVA MEDIA IN ANALYZING FILM REVIEW TEXT STRUCTURE. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 5(1), 1–8. Retrieved from https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/Didactique/article/view/123

Issue

Section

##section.default.title##