PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI PRA MEMBACA DENGAN MEDIA LOOSE PART

IMPROVING PRE-READING LITERACY SKILLS THROUGH LOOSE PARTS MEDIA

Authors

  • Ratih Utami Ramadhaniati Universitas Baturaja
  • Darningwati Universitas Baturaja
  • Putri Resti Maulia Universitas Baturaja

Keywords:

Literasi, pra membaca, loose part

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media loose part terhadap perkembangan kemampuan literasi pra membaca anak usia dini. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B di TK Harapan Bunda Baturaja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media loose parts di TK Harapan Bunda Baturaja memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran anak-anak. Media ini tidak hanya memupuk kreativitas dan imajinasi, tetapi juga meningkatkan keterampilan motorik halus, berpikir kritis, serta kemampuan sosial dan emosional melalui aktivitas eksplorasi dan kolaborasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang personal dan interaktif, seperti penggunaan permainan loose part dengan pembelajaran individual maupun kelompok, efektif dalam membantu mengatasi kesulitan literasi pra membaca. Dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak lebih mudah memahami konsep dasar dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar. Strategi ini juga menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan literasi pra-membaca anak melalui pendekatan yang personal, interaktif, dan berbasis bermain. Oleh karena itu, penggunaan media loose parts dapat menjadi salah satu metode pembelajaran inovatif yang layak diterapkan untuk mendukung perkembangan holistik anak usia dini.

 

References

Ana Widyastuti. (2017). Peningkatan Literasi Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis, Dan Berhitung Untuk Guru Tk Di Kecamatan Cinere Dan Limo Depok. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 100–108. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i2.2291

Ardiana Nur Maulida Hakim, Sumarno Sumarno, & Ida Dwijayanti. (2023). Analisis Media Loose part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114–122. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.280

Ariska Yuliani, & Dian Kristiana. (2024). Penerapan Media Loose parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 11–23. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.18362

Casey, Theresea & Juliet Robertson. (2016). Loose Parts Play. Inspiring Scotland.

Handayani. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Di Kelompok B Tk Aba. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi Ke 2, 93–102.

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Komara, H. W., & Rohmalina. (2023). Media Pembelajaran Loose parts Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(5), 2614–6347. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/17684

M Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451–460.

Mulyati, M., & Faridayani, F. (2024). Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Loose parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 856–865. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.660

Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang : Sarang Seratus Aksara

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Wijana, W. D. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Downloads

Published

06.02.2025

How to Cite

Utami Ramadhaniati, R., Darningwati, & Putri Resti Maulia. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI PRA MEMBACA DENGAN MEDIA LOOSE PART: IMPROVING PRE-READING LITERACY SKILLS THROUGH LOOSE PARTS MEDIA. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 6(1), 71–80. Retrieved from https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/Didactique/article/view/994

Issue

Section

##section.default.title##