Evaluasi Audit Operasional Atas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pada Departemen Pengantongan dan Angkutan pada PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang

Authors

  • Shelly Farida Tobing Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Sonang Pestaria Pangaribuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.619

Keywords:

Audit Operasional, Persediaan Barang Dagangan, Efisiensi, Efektivitas

Abstract

Abstract : Research purposes This that is want to know  auditing operational on management supply goods merchandise For increase efficiency and effectiveness in the department bagging and transportation at PT. Pupuk Sriwijaya Palembang. Technique used in study This that is with use Qualitative Analysis method that analyzes data that is not number or shaped numbers no explanation can stated in form numbers and secondly the Analysis Method Quantitative that is the method by which the analysis is carried out  to internal data form number For apply explanation from numbers the . Study This show that Operational activities and internal control over inventory management carried out by PT Pusri can generally be assessed as effective and efficient . It is in accordance with general standards, namely preprinted sequential numbers. Meanwhile, warehouse books, stock cards and daily reports are always updated . Control over inventory management procedures is under control because it is supported by the completeness of the forms used and the presence of minutes of irregularities that occur.

Abstrak : Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui  audit operasional atas pengelolaan persediaan barang dagangan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada departemen pengantongan dan angkutan pada PT. Pupuk Sriwijaya Palembang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Analisa Kualitatif yang menganalisis data yang bukan angka atau angka yang berbentuk penjelasan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk angka dan yang kedua Metode Analisis Kuantitatif yaitu metode yang menganalisis yang dilakukan  terhadap data dalam bentuk angka untuk menerapkan penjelasna dari angka-angka tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas operasional dan pengendalian intern atas pengelolaan persediaan yang dilakukan oleh PT Pusri secara umum dapat dinilai sudah efektif dan efisien. Telah sesuai dengan standar umum, yakni bernomor urut pracetak. Sedangkan buku gudang, kartu stok dan daily report selalu di-update. Pengendalian atas prosedur pengelolaan persediaan telah terkendali karena didukung oleh adanya kelengkapan formulir-formulir yang digunakan serta adanya berita acara atas penyimpangan yang terjadi. 

References

Agoes, Sukrisno., 2014, Auditing (Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor Akuntan Publik), Edisi Ketiga, Jilid 1, Penerbit Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

______2014, Auditing (Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor Akuntan Publik), Edisi Ketiga, Jilid 2, Penerbit Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Amin Widjaja Tunggal, 2010, Audit Operasional (Suatu Pengantar), Harvarindo, Jakarta.

Arens, A. Arens dan James K. Loebbecke., 2013, Auditing: Pendekatan Terpadu, Edisi Indonesia, Buku Satu, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

______2013, Auditing: Pendekatan Terpadu, Edisi Indonesia, Buku Dua, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan., 2021, PA. Pedoman Pelaksanaan Pemeriksaan Operasional, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia., 2019, Standar Profesional Akuntan Publik, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia., 2019, Standar Akuntansi Keuangan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi, 2011, Auditing, Edisi Keenam, Buku Satu, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Shelly Farida Tobing, & Sonang Pestaria Pangaribuan. (2024). Evaluasi Audit Operasional Atas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pada Departemen Pengantongan dan Angkutan pada PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang. Strategi, 14(1), 18–36. https://doi.org/10.52333/strategi.v14i1.619