PENGARUH BLENDED LEARNING, MANAJEMEN WAKTU, DAN SELF REGULATED TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Authors

  • Launada Hasnadia Salsabila Givari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Ika Indriasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Ratih Hesty Utami P Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v13i1.80

Keywords:

Blended Learning, Manajemen Waktu, Self Regulated, Minat Belajar

Abstract

This research was conducted with the aim of knowing the Effects of Blended Learning, Time Management, and Self Regulated on Learning Interests of 2019 PGRI University Semarang Students. Data was collected through observation, document analysis, and distributing questionnaires. The method of data analysis was carried out using a descriptive quantitative method using a simple random sampling technique with 347 students as respondents. The analysis used is multiple regression analysis with the help of the SPSS program. The results showed that first, the Blended Learning variable had no significant effect on Learning Interest, the second variable Time Management had a positive and significant effect on Learning Interest and the third variable namely Self Regulated had a positive and significant effect on Learning Interest.

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Blended Learning, Manajemen Waktu, dan Self Regulated Terhadap Minat Belajar Mahasiswa angkatan 2019 Universitas PGRI Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumen, dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan responden 347 mahasiswa. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, variabel  Blended Learning tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar, variabel kedua Manajemen Waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar dan variabel ketiga yaitu  Self Regulated  berpengaruh positf dan signifikan terhadap Minat Belajar.

References

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cahyadi. (2012). Bahan Tambahan Pangan. P : 256 dan 260, Bumi Aksara, Jakarta.

Feasey. (2001). E-Learning and How to Learn It in The Present. B-Learning aprendizaje autodirigido.

Fisher. (2001). Work/Personal Life Balance: A Construct Development Study. ProQuest Dissertations and Theses.

Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GIE. (1998). Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Hartono. (2005). nalisis & Desain : Pendekatan. Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Hasibuan, M. S. (2012). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara. .

Haynes, M. E. (2010). Manajemen Waktu. Jakarta: Indeks.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Kamarga. (2002). Belajar Sejarah Melalui E-learning. Jakarta : PT. Intimedia.

Mangkunegara, A. A. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Molstad, C. E. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal , 15 (3), 329-344.

Mustafidah. (2013). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Novita, P. (2017). Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menetapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).

Sardiman. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Grafindo Persada.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar. Interpratama Mandiri.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta .

Stone, S. &. (2013). Self-regulated Learning (SRL) dalam meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suminarti, S. (2013). Self-Regulated Learning (Srl) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa”, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.

Suryabrata, S. (2008). Metodologi penelitian/sumadi suryabrata. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutrisno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:Kencana

Sutrisno. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Launada Hasnadia Salsabila Givari, Ika Indriasari, & Ratih Hesty Utami P. (2023). PENGARUH BLENDED LEARNING, MANAJEMEN WAKTU, DAN SELF REGULATED TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG . Strategi, 13(1), 10–15. https://doi.org/10.52333/strategi.v13i1.80