TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ATAS KINERJA DOSEN PADA SISTEM PERKULIAHAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI

Authors

  • Sasiska Rani Universitas Tridinanti
  • Aida Rakhmawati Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.52333/strategi.v12i1.365

Keywords:

Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Dosen, Covid-19

Abstract

Peneliti mencoba untuk menginvestigasi tingkat kepuasan mahasiswa atas kinerja dosen dalam kegiatan pembelajaran daring yang diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Tridinanti Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden penelitian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Universitas Tridinanti Palembang sebanyak 4.101 orang. Dalam menentukan ukuran sampel, peneliti menggunakan rumus Slovin dengan taraf ketelitian 5% sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 365 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yaitu dengan melakukan perhitungan skor rerata dalam mengukur kinerja dosen sebagai penentu mutu pelayanan jasa yang diberikan oleh lembaga penelitia yang terdiri dari 7 dimensi, yaitu; Penampilan, Penugasan materi perkuliahan, Proses pembelajaran, Penggunaan media pembelajaran, Pembelajaran dengan keterlibatan mahasiswa, Penilaian hasil belajar, dan Penutup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sangat puas pada aspek penampilan, sedangkan pada aspek Penugasan materi perkuliahan, Proses pembelajaran, Penggunaan media pembelajaran, Pembelajaran dengan keterlibatan mahasiswa, Penilaian hasil belajar, dan Penutup mahasiswa merasa puas

References

Khamaludin, K., & Sutresna, J. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik Terhadap Kinerja Pembelajaran Online. In Seminar Nasional Efisiensi Energi untuk Peningkatan Daya Saing Industri Manufaktur & Otomotif Nasional (SNEEMO) 2020 (pp. 24–27). Covid-19, Kepuasan Mahasiswa, Kuesioner, Pembelajaran Online.

Kotler, P. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Natapriatna, S. (2001). Kinerja Kepala sekolah: Studi Korelasi antara Pengetahuan tentang Manajemen Sekolah dan Sikap Terhadap Jabatan dengan Kinerja Kepala SD di Kotamadya Depok. IKIP Jakarta.

Prabu, M. A. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaha Rosdakarya.

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Grafindo.

Robbins, S. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta.

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

Sarjono, Y. (2007). Faktor-Faktor Strategik Pelayanan Dosen dan Dampaknya terhadao Kepuasa Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2005-2006. Varidika, 19(1), 66.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi Kedu). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Pandemi COVID-19. Journal Publicuho, 3(2), 267–278. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Utami, B. S. A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Economie, 03(1), 1–7.

Wibaselppa, A., Rumangkit, S., & Saputra, M. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa atas Kinerja Dosen pada Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 di IIB Darmajaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 2(3), 427–441.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Sasiska Rani, & Aida Rakhmawati. (2022). TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ATAS KINERJA DOSEN PADA SISTEM PERKULIAHAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI. Strategi, 12(1), 13–28. https://doi.org/10.52333/strategi.v12i1.365