Analisis Efisiensi dan Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta (Coffea Robusta) di Desa Genting Kecamatan Tanjung Sakti Pumu
DOI:
https://doi.org/10.52333/trisepa.v1i2.643Keywords:
Kopi Robusta, Pemasaran, EfisiensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran biji kopi robusta. Berapa besarnya biaya pemasaran, keuntungan, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran kopi di desa genting kecamatan tanjung sakti pumu kabupaten lahat. Penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan kuesioner kepada responden. Terdapat 2 saluran pemasaran di Desa Genting, pada saluran pemasaran I lembaga pemasaran yang terlibat yaitu petani dan pedagang besar. Pada saluran pemasaran II lembaga pemasaran yang terlibat yaitu petani, pedagang kecil dan pedagang besar. Saluran pemasaran I lebih efisien dari saluran pemasaran II karena memiliki nilai margin yang rendah. Dengan nilai margin yang rendah maka bagian yang diterima petani tinggi. Terlihat pada saluran I dengan margin pemasaran sebesar Rp. 1.000.00 dan Farmer’s Share sebesar 97,45%. Pada saluran II dengan margin pemasaran sebesar Rp. 2.000.00 dan Farmer’s Share sebesar 94,96%. Dari hasil penelitian didapat saluran pemasaran I lebih pendek dari pada saluran pemasaran II, serta Farmer’s Share yang di dapat lebih besar saluran I dari pada saluran II.
References
BPS RI. 2021. Statistik Kopi Indonesia 2021 [online]. Dapat diakses di : https://www.bps.go.id/id/publication [diakses tanggal 15 mei 2023]
Limbong, Sitorus and Arian, W. 2020. Subsektor Pertanian Kopi [online]. Dapat diakses di : https://all3dp.com/2/fused-deposition-modelinig fdm-3d-prinitinig- simply-explainied/
Nur, B, Ratya, dan Ariani, R. P. 2011. Analisis Pemasaran Kopi di Desa Wonoagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Vol 12 : 1.
Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian [skripsi]. Universitas Muhamadiyah. Malang