PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PERLUASAN PEMASARAN PADA UMKM WARGA DESA DI BANYUASIN

Authors

  • Siera Syailendra Fakultas Ekonomi, Universitas Kader Bangsa, Palembang, Sumatera Selatan
  • Rahma Mustina Sari Fakultas Ekonomi, Universitas Kader Bangsa, Palembang, Sumatera Selatan

Keywords:

Pelatihan Digital Marketing

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri suatu Negara, karena faktanya selain menjadi sumber terciptanya lapangan kerja dengan mengurangi pengangguran, kontribusi UMKM pada bidang usaha di seluruh dunia yang sangat menunjang pertumbuhan ekonomi baik dalam lingkup nasional maupun regional. Tahap dari penelitian ini berupa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan penelitian ini dilaksanakan di beberapa desa di  Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini memberikan penjelasan dan wawancara dengan pelaku UMKM mengenai penerapan teknik digitalisasi pemasaran di dalam UMKM. Kesimpulan penelitian ini adalah pemasaran dengan menggunakan cara memanfaatkan sosial media, Menggunakan media informasi akan lebih efektif. Pelaku UMKM juga dapat memulai dengan menbuat sosial media dan melakukan promosi secara rutin, dengan melakukan digitalisasi pemasaran pelaku UMKM diharapkan dapat mengingkatkan penjualan secara online.

References

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing . International Journal of Management, 8(10), pp 321–339.

Diansyah, R., Syahril, Aryanto, Arribe, E., & Winarso, D. (2017). PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN BLOG. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan,4(1),53–60. http://www.jurnal.stikstarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 2., No. 1, 159-168.

Nadya (2016) Peran Digital Marketing dalam Eksisten Bisnis Kuiner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1 (2), hal 133-144

Nurfriani, V., Paramu, H., & Utami, E. S. (2014). Analisis Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dengan dan Tanpa Pinjaman Di Kabupaten Jember. Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Suswanto, P dan Setiawati,S. D., (2020). Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Lini Masa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), hal 16-29.

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu

Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1)

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Siera Syailendra, & Rahma Mustina Sari. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PERLUASAN PEMASARAN PADA UMKM WARGA DESA DI BANYUASIN. Jurnal Ekonomi Mengabdi, 2(1), 15–27. Retrieved from https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/JEM/article/view/100