Meningkatkan Kemandirian untuk Pemberdayaan Siswa Melalui Pendidikan dan Kolaborasi Lintas Budaya Indonesia - Thailand

Authors

  • Ida Suryani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan
  • Erma Yulaini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan
  • Neni Rochyani Fakultas Tehnik, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan
  • Riya Liuhartana Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan
  • Juaidah Agustina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan
  • Mardiana Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan
  • Dewi Kartika Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan
  • Aan Suriadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/jem.v4i1.1433

Keywords:

Pemberdayaan PMI, PKM Internasional, Kemandirian, Kolaborasi \ Lintas Budaya

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Internasional yang dilaksanakan oleh LSM SHARING bersama Universitas PGRI Palembang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kesehatan, dan kemandirian Pekerja Migran Indonesia (PMI) Thailand. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Tridarma Perguruan Tinggi serta didasarkan pada berbagai regulasi. Program ini mencakup: Peningkatan Lifeskill melalui pelatihan bahasa, keuangan, kewirausahaan, dan teknologi informasi, Pendidikan Kesehatan, termasuk medical check-up, kesehatan reproduksi, dan akses layanan Kesehatan, Dukungan Kemandirian Finansial dengan pelatihan manajemen keuangan, pendampingan bisnis, dan akses modal dan Kolaborasi Lintas Budaya antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand untuk memperkuat jejaring dan perlindungan PMI. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan daring, lokakarya, diskusi, dan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah di Thailand. Hasilnya menunjukkan peningkatan literasi, keterampilan praktis, kesadaran kesehatan, dan jejaring internasional bagi peserta. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi PMI, tetapi juga bagi mahasiswa, dosen, perguruan tinggi, dan pemerintah dalam memperkuat peran akademisi di tingkat global. Ke depan, program serupa perlu dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memperluas dampak positif bagi masyarakat internasional

References

Adawiah, SR, Sari, RS, &; Ratnasari, F. (2023). PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH Tinjauan Literatur: Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Prasekolah. Nusantara Hasana Journal, 2(8), Halaman.

Al Qorni, R. W., Ledyawati, L., Agustina, B., Wijayanti, A., &; Indarti, S. (2021). Pentingnya memperkenalkan pendidikan kesehatan lingkungan kepada ibu dan anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Studi Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 1(1), 159–166. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v1i1.2520

Arif, M. N. (nd). PENERAPAN KEBIJAKAN KARTU PELAKU USAHA KELAUTAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN SORONG.

Asiyah, N. (2013). Pengasuhan Demokratis, Kepercayaan dan Kemandirian Siswa Baru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108–121. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98

Djata, BT (2018). Peran mentor dan dampak anggaran di sektor kelautan dan perikanan terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Ende. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 6(1), 78. https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1.422

Dzuhur Hidayat, I., Waluyo, W., &; Ulfatun Najicha, F. (2021). Perlindungan Pekerja Migran Indonesia/Pekerja Indonesia oleh Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmu Hukum, 10(1), 71–80. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Mizan/article/view/1568

ADANYA KEMERDEKAAN SEBAGAI IDENTITAS SISWA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBAROK, UMAN AGUNG, LAMPUNG TENGAH. (2020). Dalam Jurnal Pendidikan Islam DIMAR (Vol. 1, Edisi 2, hlm. 139–154). https://doi.org/10.4286/ikakikaigakuzassi.40.11_876

Fatimawati, I., Arini, D., Hastuti, P., &; Ernawati, D. (nd). Edukasi Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Menyusui MP untuk Bayi dan Balita di Desa Sukolilo, Surabaya. 565–574.

Hajaroh, M., Rukiyati, Purwastuti, LA, &; Bambang Saptono. (2017). Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisir Wisata. 1–153.

Hennigusnia, &; Kurniawati, A. (2021). Program Strategi Dasar dan Pemasaran untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI). Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (RITEKTRA) 2021, April, 1–14. https://journal.unpar.ac.id/index.php/ritektra/article/view/4757%0Ahttps://journal.unpar.ac.id/index.php/ritektra/article/view/4757/3493

Herlina, H. (2016). Meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan bahasa Inggris dengan metode sq4r. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 29–35.

Jannah, N. (2021). Pengembangan kurikulum terpadu berbasis piramida pembelajaran dalam meningkatkan kegiatan belajar siswa di SDIT Al Uswah Pamekasan. As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 33–48. http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/61

Kartini, I., Rahmadhani, M. V., Lubis, F. M., &; Nugraha, AB (2021). Meningkatkan keterampilan mahasiswa melalui pengenalan database di PKMB Ristek Nusantara Jaya Jakarta. Jurnal Abdimas PLJ, 1(2), 33–36. https://plj.ac.id/ojs/index.php/JAPLJ/article/viewFile/518/369

Keadilan, A., Migrasi, D., Wanita, K., Pekerja, I., Dalam, D., &; Emirates, U. (2017). S Irianto dkk., Akses Keadilan dan Migrasi Global: Kisah Pekerja Rumah Tangga Perempuan Indonesia di Uni Emirat Arab (books.google.com, 2011).

Kementerian Kesehatan, R. (2022). Kebijakan Strategi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (MD1). Kementerian Kesehatan, 584.

Maharani, A. K., Aqilah, T. S., Kusumawardani, B., Yummi, S. Z., &; Nur, L. L. (2023). Pendidikan dan Pemeriksaan Kesehatan Gigi Anak Usia Dini di Dusun Gayasan, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Agromedis Gigi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. https://journal.unej.ac.id/dentalagromedis/article/view/348/128

Munzirin, RM, Afiani, N., Kesehatan, P., Kesehatan, P., &; Nutrisi, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Kesehatan di Usia Dini. 4(2), 74–76. https://doi.org/10.58258/rehat.v3i1.6647/https

Nasution, RA (2017). Menanamkan Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 05(02), 6.

Nernere, MS, Astuti, V., &; Kristianto, I. I. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Pekerja Migran Indonesia Pemula. Abdimasku : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 500. https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1251

Nurhadi, M., Mulyana, E., Nurhayati, S., &; Sukmana, C. (2023). Pelaksanaan program pelatihan literasi keuangan berbasis teknologi digital pada Program Pendidikan Pemerataan Paket C di Pkbm Ash-Shoddiq. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan , 15(2), 288–294. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i2.63759

Implementasi, M., Pembelajaran, P., &; Dalam, T. (2022). MENINGKATKAN PENGETAHUAN DASAR DAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK DESA TEGAL BINANGUN. 03(02).

Pemahaman, P., Bahasa Inggris, B., Aplikasi, M., Pembelajaran, M., Gambar, MP, Teks, N., &; Teks, N. (2021). SMP Negeri 4 Samatiga Aceh Barat. 21(1), 11–15.

Perempuan dan Anak Indonesia, J., Umbu Henggu, K., Umbu Katongu Retang, E., Hariadi, F., Ngaba Hamba Banju, Y., Tamu Ina, Y., Pandahuki, E., &; Pandiangan, D. (2024). Memberdayakan Grup Usaha Wanita Nelayan "Dapur Madeps" melalui Diversifikasi Produk Perikanan Berbasis Zero Waste. 5(2), 86–92. https://doi.org/10.35801/jpai.5.2.2024.53303

Cetak, I., Online, I., &; Ayu, MS (2019). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI, EDUKASI DAN PENGENALAN INFORMASI Ibu dan anak untuk. 8(2), 9–17.

Qudus, N., Sukma, N., Sulistiyowati, W., Saidi, I. A., Akuntansi, P., Industri, P.T., Teknik, F., Teknologi, P., P., P., Pertanian, F., &; Sidoarjo, UM (2017). Pelatihan manajemen keuangan untuk meningkatkan kemampuan penyewa dalam mengelola keuangan bisnis mereka dalam program ini. 19–21.

Ratnasari, TM (2021). Pelaksanaan pelatihan menghasilkan pemberian pendampingan pengelolaan keuangan sekolah dasar di masa pandemi Covid-19 untuk mewujudkan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan operasional sekolah di Kecamatan Wonogiri. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan Widya Praja, 1(1). http://bpsdmd.jatengprov.go.id/jurnal/index.php/jwp/article/view/18%0Ahttp://bpsdmd.jatengprov.go.id/jurnal/index.php/jwp/article/download/18/8

Rini, ARP (2012). Kemandirian remaja berdasarkan urutan kelahiran. Jurnal Perintis Pendidikan, 3, 61–70. http://www.stkippgrismp.ac.id/jurnal-pelopor-pendidikan-2/

Rosita, ES &; D. (2018). 34 EDULEAD Volume 1 Edisi 1. Eny Suprihatin &; Desti Rosita, 1, 36.

Sari, DP, Mulyadi, O., &; Karlinda, AE (2023). Pelatihan Implementasi Laporan Keuangan di Bancah Coffee Farmer Group. JMM (Jurnal Masyarakat Independen), 7(6), 6195. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19265

Sulaimiah, S., Nururly, S., Sulhaini, S., &; Suprayetno, D. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Bisnis di Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (POKLAHSAR) di Dusun Lokok Rangan, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Gema Ngabdi, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.29303/jgn.v2i1.45

Suri, Z. (2019). Raden Intan Lampung 1440 H / 2019 M.

Syarifah Fatma Amalia, F., Sains, D. A. N., Islam, U., &; Sharif, N. (2023). STRATEGI PELAKSANAAN HASIL DINAS KETAHANAN PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BUDIDAYA IKAN DI KOTA TANGERANG SELATAN

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Ida Suryani, Erma Yulaini, Neni Rochyani, Riya Liuhartana, Juaidah Agustina, Mardiana Sari, Dewi Kartika Sari, & Aan Suriadi. (2025). Meningkatkan Kemandirian untuk Pemberdayaan Siswa Melalui Pendidikan dan Kolaborasi Lintas Budaya Indonesia - Thailand. Jurnal Ekonomi Mengabdi, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.52333/jem.v4i1.1433