KEWASPADAAN PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADI PADA SANTRI DI ERA DIGITAL

Authors

  • Rusma Rizal Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Amaliah Khairunissa Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Sugeng Mianto Fane Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Henson Einjein Manurung Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Endang Rahayu Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Dolly Tanzil Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Agus Salim Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Giska Dwi Adeliya Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Nur Oktavia Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Nando Okta Birou Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/jem.v2i2.401

Keywords:

Penyalahgunaan Data, Era Digital

Abstract

Saat ini Indonesia telah memasuki Revolusi Industri 4.0 yang dimana semuanya dapat dikonrol dimana dan kapan saja menggunakan internet. Dampak era digital ini sangat besar dalam mengubah kebiasaan sehari-hari. Saat ini yang paling banyak dan mahir menggunakan internet adalah para Gen Z. Privasi data pribadi menjadi penting untuk setiap orang dan harus dilindungi kerahasiannya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai penyalahgunaan data pribadi yang bisa saja terjadi pada santri Pondok Pesantren Hidayatullah MTS Mardhatillah. Pengabdian ini dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2023. Dalam pengabdian ini juga diberikan bagaimana cara melindungi data pribadi dari kebocoran di internet. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian ceramah presentasi dengan menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh santri serta dibuat semenarik mungkin.

References

Bestari, N. P. (2021, September 7). Banyak Data Pribadi Dijual di Dark Web, Harganya Bikin Kaget. Https://Www.Cnbcindonesia.Com/Tech/20210907115829-37-274255/Banyak-Data-Pribadi-Dijual-Di-Dark-Web-Harganya-Bikin-Kaget.

Durbin Hutagalung, D., & Megasari, D. (2022). Keamanan Data Dan Informasi Pada Era Digital Pada Remaja Pondok Pesantren Daar El Hikam Ciputat. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(05). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma

Herlambang, I. T. (2019). Korban Kejahatan Perbankkan Dalam Perspektif Hukum Dan Viktimologis. Negara Dan Keadilan, 8(1). Negara Dan Keadilan, 8(1). Http://Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Negkea/Article/View/4481.

Isni, K., Yulia Nurfatona, W., Nisa, K., Studi Kesehatan Masyarakat, P., Kesehatan Masyarakat, F., Ahmad Dahlan, U., Korespondensi, Y., & Diterima, N. (2021). Pola Komunikasi dan Keterampilan Sosial Remaja di Era Digital Communication Patterns and Adolescent Social Skills in the Digital Era (Vol. 5). http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Kusuma Wardani, Y., Khairil Akbar, M. Q., Wulan Palupi, P., Asad Akbar, R., Nadila Putri, T., & Prabowo, W. (2023). Sosialisasi Mengenai Perlindungan Data Pribadi Dalam Penggunaan Internet Di Desa Sukabumi, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Pnegabdian Kepada Masyarakat Buguh, 3(2).

Mitchell, T., Fadlilah, M. I., Qodariyyah, L., Puspita, R., Wulandari, S., Septiani, F., & Pamulang, U. (2023). Penerapan Digital Marketing terhadap Era Gen-Z Melalui Social Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 122–127. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/index

Novika, S. (2020, November 20). Marak Kasus Jual Beli Data Pribadi, Dijual ke Mana? Https://Finance.Detik.Com/Berita-Ekonomi-Bisnis/d-5263253/Marak-Kasus-Jual-Beli-Data-Pribadi-Dijual-Ke-Mana.

Rainer Christi, S. N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Rokhayah, S. (2022, April 18). Marak, Waspada Pencurian Data Pribadi! Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/Artikel/Baca/14968/Marak-Waspada-Pencurian-Data-Pribadi.Html.

Situmeang, S. M. T. (2020). Penyalahgunaan data pribadi sebagai bentuk kejahatan sempurna dalam perspektif hukum siber. Journal SASI (Fakultas Hukum Universitas Pattimura), Volume 27 Nomor 1, 38–52.

Verihubs. (2022). 3 Modus Pencurian Data Pribadi yang Paling Sering Dilakukan. Verihubs.Com

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Rusma Rizal, Amaliah Khairunissa, Sugeng Mianto Fane, Henson Einjein Manurung, Endang Rahayu, Dolly Tanzil, Agus Salim, Giska Dwi Adeliya, Nur Oktavia, & Nando Okta Birou. (2023). KEWASPADAAN PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADI PADA SANTRI DI ERA DIGITAL. Jurnal Ekonomi Mengabdi, 2(2), 80–88. https://doi.org/10.52333/jem.v2i2.401