ANALISA KINERJA DAN TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL KAPTEN A. RIVAI DENGAN METODE PKJI 2023

Authors

  • Syahril Alzahri Program Studi Teknik Sipil, Universitas PGRI Palembang
  • Yules Pramona Zulkarnain Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tridinanti
  • Felly Misdalena Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
  • Muhammad Fathurrahman Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Tridinanti, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.52333/lateral.v3i1.909

Keywords:

Level Service, PJKI 2023, Delay

Abstract

Palembang is one of the major cities in Indonesia that has undergone rapid growth, particularly in infrastructure and transportation. This development has led to a significant increase in vehicle numbers and heavy traffic flow, which is further worsened by side-friction activities that cause vehicle congestion, delays, and increase the risk of accidents. As a result, these traffic conditions reduce the comfort and safety of road users. The Kapten A. Rivai intersection, the focus of this study, serves as a key junction in Palembang, connecting office districts, shopping centers, and schools. The problem addressed in this research is how to analyze the performance and Level of Service (LOS) of the signalized intersection at Kapten A. Rivai using the PKJI 2023 method, with the goal of assessing the intersection’s overall performance and service quality. The findings show that during the evening peak hour on Tuesday (5:00 PM – 6:00 PM), the highest traffic volume at the Kapten A. Rivai intersection was recorded on the Jaksa Agung Soeprapto approach, with a capacity of 699 vehicles/hour and a saturation degree of 0.9. The average delay at the intersection was 49.57 seconds/vehicle, placing its Level of Service (LOS) in category E.

References

Wardoyo, W., Aminuddin, K. M., Ramadhani, R., & Meidiani, S. (2022). Kajian Kajian volume lalu lintas di Jl. HM Noerdin dengan membandingkan data pada tahun 2017 dan tahun 2021. TEKNIKA: Jurnal Teknik, 9(1), 75-81.

Alhafiz, A. M., Sebayang, N., & Surbakti, S. (2023). Analisis Hubungan Kinerja Simpang Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Pada Jalan Simpang Bersinyal Di Kota Banjarmasin.

Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM). 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: DJBM.

Indrian, A. S., Sebayang, N., & Erfan, M. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode PKJI 2014 dan Software Vissim 11 Pada Simpang W. R. Supratman Kota Malang. Student Journal GELAGAR, 4(2), 236-246.

Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Jakarta.

Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas. Jakarta.

Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.

Indonesia. 2016. Peraturan Walikota Palembang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Dasar Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan Tertentu. Palembang.

Indonesia. 2022. Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 430 Tahun 2022 tentang Penetapan Ruas Jalan Dalam Jaringan Jalan Primer Menurut Fungsinya Sebagai Jalan Arteri Primer Menurut Fungsinya Sebagai Jalan Arteri Primer Dan Jalan Kolektor Primer-1. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.

Misdalena, F. (2019). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Simpang Jakabaring Menggunakan Program Microsimulator Vissim 8.00. Jurnal Desiminasi Teknologi, 7(1), 35-41.

Morlok, E, K. 1984, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Penerbit Erlangga.

Mulia, E, W, I. 2023, Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Pada Persimpangan Jalan Kapasri – Jalan Simokerto Dan Jalan Kenjeran – Jalan Kapasan Kota Surabaya

Riza, A. N., Utami, A., & Nurhidayat, A. Y. (2023, September). Media Ilmiah Teknik Sipil. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pusat Grosir Cililitan (PGC) Jalan Dewi Sartika - Jalan Raya Bogor Dengan Metode PKJI 2014 Dan Pemodelan, 11(3), 189-198.

Sukirman, S. 1984. Diktat Kuliah Jalan Raya Dasar-Dasar Teknik Lalu Lintas. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Tamam, Muhammad F., dkk. 2016. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Jalan Tegar Beriman-Jalan Raya Bogor).

Tamin, Ofyar Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB. Bandung.

Veronica, M. (2023). Kajian Simpang Koordinasi Moh Yamin Juanda - Moh Hatta Gatot Subroto Di Kota Palu. 577-583

Jaya, F. H., & Gautama, G. (2022). Analisa Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Ruas Jalan Urip Sumoharjo –Pulau Morotai Bandar Lampung. Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik, 7(1), 71-80.

Riski, S., Isya, M., & Fisaini, J. (2024). ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN MENGUNAKAN METODE PKJI 2023. Journal of The Civil Engineering Student, 6(2), 106-112.

Zulkarnain, Y. P., Djohan, B., & Yulianti, D. (2023). Analisis Pemodelan Pemilihan Moda Transportasi Antara Sepeda Motor Dengan Angkutan Umum. Jurnal Teknik Sipil LATERAL, 1(1), 46-52.

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Alzahri, S., Zulkarnain, Y. P., Misdalena, F., & Fathurrahman, M. (2025). ANALISA KINERJA DAN TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL KAPTEN A. RIVAI DENGAN METODE PKJI 2023. Jurnal Teknik Sipil LATERAL, 3(1), 53–58. https://doi.org/10.52333/lateral.v3i1.909