PENGARUH MODAL KERJA DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR,Tbk YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Martha Rianty Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Noviarni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Muhammad Ridwan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/ratri.v4i2.85

Keywords:

Net Working Capital, Current ratio, Return On Invesment

Abstract

This study formulates the problem of whether there is an effect of changes in working capital and liquidity on profitability at PT. Indofood Sukses Makmur listed on the Indonesia Stock Exchange. This study aims to determine the effect of changes in working capital and liquidity on profitability at PT. Indofood Sukses Makmur listed on the Indonesia Stock Exchange. The type of research used is associative research. The data used in this study is secondary data obtained from the official IDX website (www.idx.co.id and www.bi.go.id). The data collection method used in this research is the documentation method. The data analysis used was multiple linear regression analysis, and hypothesis testing consisted of the f test and t test with a significant level of 5%. Or 0.05.

The results of the study obtained multiple linear regression equations as follows: Y = 297.885 + 0.055X1 + 0.632X2 and the results of hypothesis testing F (simultaneous) showed that there was an effect of working capital and liquidity on profitability. On the results of the t test (partial test) there is an effect of Working Capital (Net Working Capital) on Profitability (Return On Investment), there is no effect of Liquidity (Current ratio) on Profitability (Return On Investment) at PT. Indofood Sukses Makmur listed on the Indonesia Stock Exchange.

Abstrak

Penelitian ini merumuskan masalah apakah ada Pengaruh perubahan Modal Kerja dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada PT. Indofood Sukses Makmur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh perubahan Modal Kerja dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada PT. Indofood Sukses Makmur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah  penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi BEI (www.idx.co.id dan www.bi.go.id).Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu nalisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis  terdiri dari uji f dan uji t dengan tingkat signifikan 5%. Atau 0,05.

Hasil penelitian dari diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y= 297,885 + 0,055X1+ 0,632X2 dan hasil pengujian hipotesis uji F (simultan) menunjukan bahwa ada Pengaruh Modal Kerja dan Likuiditas terhadap Profitabilitas. Pada hasil uji t (uji parsial) ada pengaruh Modal Kerja (Net Working Capital) terhadap Profitabilitas (Return On Invesment), tidak ada pengaruh Likuiditas (Current ratio) terhadap Profitabilitas (Return On Invesment) pada PT. Indofood Sukses Makmur yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia.

References

Agus Sartono, 2012, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi keempat. BPFE : Yogyakarta.

Jenny Manurung, 2006, Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas pada PT.Goodyear Sumatera

Plantations Dolol Merangir Seballawan, Universitas Sumatera Utara.

Jumingan, 2014, Analisis Laporan Keuangan, Bumi Aksara : Jakarta.

Kasmir, 2016, Analisis Laporan Keuangan, Cetakan ke9, edisi 1, Rajawalipers:Jakarta.

Meipilini, 2012, Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada CV.Putri Lintang Bandar Lampung, Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang.

Munawir, 2014. Analisi Laporan Keuangan, Yogyakarta: Liberty,

Pramudita Rahajeng Anindya, 2013, Pengaruh pengelolahan Modal Kerja dan Stuktur Modal terhadap Profitabilitas Perusahaan (Analisis pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri dan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2007-2011), Universitas Diponegoro Semarang.

Sri Dewi Ari Ambarwati, 2010, Manajemen Keuangan Lanjutan, Graha Ilmu :Yogyakarta.

Sugiyono, 2016, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Cetakan ke-23. CV. Alfabeta : Bandung.

Toto Prihadi, 2011, Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi, PPM :Jakarta.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Martha Rianty, Noviarni, & Muhammad Ridwan. (2023). PENGARUH MODAL KERJA DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR,Tbk YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi Tridinanti (Jurnal Ratri), 4(2), 137–150. https://doi.org/10.52333/ratri.v4i2.85