Pentingnya Laporan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pemula di Rt 17 dan 18 Desa Pasir Putih Kelurahan Sukajadi

Authors

  • Sugiharto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Syaiful Sahri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Syahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Rizal Effendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Yancik Syafitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Rusmida Jun Harapan Hutabarat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/jem.v3i1.625

Keywords:

UMKM, Laporan Keuangan

Abstract

Terciptanya Peningkatan Pendapatan masyarakat tidak terlepas dari andil UMKM dalam pembangunan ekonomi nasional. UMKM menyumbang 60 persen pertumbuhan ekonomi nasional. Memberikan transfer pengetahuan tentang UMKM, tips-tips membangun pertumbuhan bisnis UMKM, dan memberikan ide-ide kreatif usaha kecil menengah diharapkan dapat membantu masyarakat di Rt. 17 dan 18 Desa Pasir Putih Kelurahan Suka Jadi dalam upaya menumbuhkan minat berwira usaha guna dapat meningkatkan penghasilan. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode pendidikan masyarakat dimana metode ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan dalam bentuk penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya laporan keuangan di dalam suatu bisnis. Dengan demikian melalui pengabdian kepada masyarakat ini akan memberikan pengetahuan pembuatan laporan keuangan dengan baik dan benar.

References

Carl S. Warren James M. Reeve, Ersa Triwahyuni, Amir Abadi Yusup, 2019, Pengantar Akuntansi 1, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Carl S. Warren James M. Reeve, Ersa Triwahyuni, Amir Abadi Yusup, 2019, Pengantar Akuntansi 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Peraturan Menteri Keuangan No. 197/PMK.03/2013, tentang Pengusaha Kecil Kieso weygenad, 2018, Akuntansi Keuangan Menengah Edisi IFRS, Penerbit Salemba Empat Jakarta.

Rinald J Ebert, 2014 Pengantar Bisnis, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Rizal Effendi, 2014, Prinsip-prinsip Akuntansi Berbasis SAK ETAP, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mulyadi, 2001, Akuntansi Manajemen, Konsep Manfaat dan Rekayasa, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Sugiharto, Syaiful Sahri, Syahyuni, Rizal Effendi, Yancik Syafitri, & Rusmida Jun Harapan Hutabarat. (2024). Pentingnya Laporan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pemula di Rt 17 dan 18 Desa Pasir Putih Kelurahan Sukajadi. Jurnal Ekonomi Mengabdi, 3(1), 01–15. https://doi.org/10.52333/jem.v3i1.625

Most read articles by the same author(s)