ANALISIS NILAI RELIGIUS DAN NILAI BUDAYA DALAM NOVEL AJARI AKU MENUJU ‘ARSY KARYA WAHYU SUJANI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI MADRASAH ALIYAH DAAR EL MAFAIZ

Authors

  • Sopyan Sauri Universitas Mathla'ul Anwar Banten
  • Trisnawati Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Salma Atusya’diah Universitas Mathla’ul Anwar Banten

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v4i2.148

Keywords:

Nilai Religius, Nilai Budaya, Bahan Pembelajaran

Abstract

This study aims to describe religious values ​​and cultural values ​​in the novel ajari aku menuju 'arsy' by Wahyu Sujani. The results of the analysis of this novel can be used as learning material for literary appreciation. This research was conducted using a qualitative descriptive method with data collection techniques using literature study techniques and data analysis techniques using content analysis techniques. The data and data sources of this research are in the form of text, such as: words, phrases, sentences, and conversations related to religious values ​​and cultural values ​​contained in the novel ajari aku menuju 'arsy by Wahyu Sujani. The results of the data analysis carried out on the novel Teach Me to the Throne contain the religious values ​​of human relations with God, namely patience, faith, endeavor, trust and repentance. Then, the religious values ​​of human relations with other people or society and nature, namely mutual help, jealousy, brotherhood, tyranny, and forgiveness. Besides that, the religious value of human relations with oneself is to accept and understand. In addition to religious values, cultural values ​​contained in this novel are forms of culture that are abstract in nature, namely ideas, and values. Then, cultural values ​​manifest as culture as a social system of society, namely activity. Besides that, the physical form of culture is objects made by humans. It is recommended that the results of the analysis of the novel ajari aku menuju 'arsy be considered as material for learning Indonesian language and literature in senior high schools in order to improve students' abilities in analyzing literary works, especially novels and to improve the teaching of literature in schools.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai religius dan nilai budaya dalam novel ajari aku menuju ‘arsy karya Wahyu Sujani. Hasil analisis novel ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka dan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis isi (content analisy). Data dan sumber data penelitian ini berupa teks, seperti: kata, frase, kalimat, dan percakapan yang berkaitan dengan nilai religius dan nilai budaya yang terdapat pada novel  ajari aku menuju  ‘arsy karya Wahyu Sujani. Hasil analisis data yang dilakukan terhadap novel ajari aku menuju  ‘arsy memuat nilai religius hubungan manusia dengan Tuhan yaitu sabar, keimanan, ikhtiar, tawakal dan taubat. Kemudian, nilai religius hubungan manusia dengan orang lain atau masyarakat dan alam yaitu tolong-menolong, hasud/dengki, persaudaraan, dzalim, dan memaafkan. Selain itu nilai religius hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu menerima dan memahami. Selain nilai religius nilai budaya yang terdapat pada novel ini adalah wujud kebudayaan bersifat abstrak yaitu ide/ gagasan, dan nilai. Kemudian, nilai budaya wujud kebudayaan sebagai sistem sosial masyarakat yaitu aktivitas. Selain itu wujud kebudayaan berupa fisik yaitu benda hasil karya manusia. Hasil analisis novel ajari aku menuju ‘arsy ini direkomedasikan untuk dipertimbangkan sebagai bahan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA guna meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan analisis karya sastra, khususnya novel dan dapat meningkatkan pengajaran sastra di sekolah.

References

Hafidhah, Nurul dkk (2017) Analisis Nilai Budaya dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Syiah Kuala. Volume 2 Nomor 4 Tahun 2017.

Iskandar dan Suhendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Jauhari, H. (2010). Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra. Baandung: Cv Afrino Raya.

Meleong. (2018). Metode Penlitian Kualitatif. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Nazir. (2009). Metode Penelitan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pratama & Suwandi. (2018). Nilai Agama dan Budaya dalam Perspektif Intertekstual. Yogyakarta: Textium.

Sedyawati, E. (2010). Budaya Indonesia. Jakarta : Rajawali Pers.

Sujani, Wahyu. (2011). Ajari Aku Menuju ‘Arsy. Jogjakarta : DIVA Press.

Tarigan, H. G. (2011). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: ANGKASA.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi, Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Downloads

Published

31.07.2023

How to Cite

Sopyan Sauri, Trisnawati, & Salma Atusya’diah. (2023). ANALISIS NILAI RELIGIUS DAN NILAI BUDAYA DALAM NOVEL AJARI AKU MENUJU ‘ARSY KARYA WAHYU SUJANI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI MADRASAH ALIYAH DAAR EL MAFAIZ. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 4(2), 93–104. https://doi.org/10.52333/didactique.v4i2.148

Issue

Section

##section.default.title##