DETERMINAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK HANPHONE DITINJAU DARI MARKETING MIX

Authors

  • Nadia Afrilliana Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan
  • Kholilah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan
  • Efrina Masdaini Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan
  • Dhea Pramitha Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.96

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

The development of technology is very rapid so that it makes the wider community need information to meet the need for information and facilitate communication, so a cellphone is needed, many cellphone products issued by manufacturers make consumers to prefer the cellphone product they will choose, therefore it is necessary to conduct a deeper study regarding the factors that affect Product Quality,  Prices for Consumer Satisfaction of Mobile Products, This research was carried out in Pali Regency, with consumer respondents who have used Mobile Products. Data collection using questionnaires, analyzed using multiple linear Regression Analysis, Hypothesis Testing and Determination Cooefficients. The results of the coefficient of determination show that the amount of contribution to changes in Product Quality, Price and to Product Consumer Satisfaction is as large as. The results of this study show that together (test F) there is a signific influence.

Abstrak

Perkembangan teknologi sangat pesat sehingga membuat masyarakat luas membutuhkan akan sebuah informasi untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah informasi dan memudahkan komunikasi maka di butuhkan sebuah handphone, banyak produk handphone yang di keluarkan oleh produsen membuat konsumen untuk lebih memilih produk handphone yang akan  dipilihnya, oleh sebab itu perlu dilakukan kajian lebih dalam berkenaan tentang factor yang mempengaruh Kualitas Produk, Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk Handphone, Penelitian ini dilakasnakan di Kabupaten Pali, dengan responden konsumen yang sudah menggunakan Produk Handphone. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, dianalisis menggunakan Analisis Regresi linear berganda, Uji Hipotesis serta Kooefisien Determinasi. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya sumbangan terhadap perubahan Kualitas Produk, Harga dan terhadap Kepuasan Konsumen Produk sebesar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama (uji F) ada pengaruh signifikan antara Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk Handphone. Sedangkan secara parsial/individu (uji t) ada pengaruh signifikan Kualitas Produk, Harga terhadap Kepuasan Konsumen.

References

Ardiansyah A.m. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pemakaian Jasa. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang Jember, 7(4).

Diah,Dkk (2019).Metodelogi Penelitian Bisnis. Palembang: Noerfikri Palembang.

F.S. Marimas. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan pada PT.Air Manado.Jurnal Riset Ekonomi, 11(5).

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Manajement. Boston.: Pearson

Kotler, Amrstrong (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (20017). Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 13. Jakarta :Perhallindo.

Lupiyadi, Rambat. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta:Erlangga.

Noor, J. (2015). Metodelogi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Makasar: Kencana Prenada Media Group.

Parasuraman, Valeri A. Zeithml, and Leonard L. Berry, A. Conceptual Model of Service L. And Its Implications For Future Research, Journal of Marketing, No. 49 (fall), 1985.

Savitri, I.A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang. ISSN.

Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Simamora, B. (2011), Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thamrin, A., & Francis, T. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, F., & Candra, G (2012). Pemasaran strategic (Edisi Kedua ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2000, Manajemen Jasa. Yogyakarta:Andi Offset.

Wibowo, L. A., & Priansa, D. J. (2007). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Nadia Afrilliana, Kholilah, Efrina Masdaini, & Dhea Pramitha. (2023). DETERMINAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK HANPHONE DITINJAU DARI MARKETING MIX . Jurnal Kompetitif, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.96