PENGARUH PERSEPSI HARGA, CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING DAN PROMOSI FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE

Authors

  • Siti Noor Aisyah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YPPI Rembang, Jawa Tengah
  • Syaiko Rosyidi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YPPI Rembang, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83

Keywords:

persepsi harga, customer review, customer rating, promosi flash sale , keputusan pembelian

Abstract

The purpose of this research is to prove the effect of price perceptions, customer reviews, customer ratings and flash sale promotions on Shopee purchasing decisions in Rembang Regency. The research population is the people of Rembang Regency who use Shopee. The sampling technique used convenience sampling technique with a sample of 100 respondents. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. The test results and analysis show; 1) price perception and customer review variables individually have a significant positive effect on Shopee purchasing decisions in Rembang Regency, 2) customer rating variables have no significant negative effect on Shopee purchasing decisions in Rembang Regency, 3) flash sale promotion variable has a positive but not significant effect on decisions Shopee purchases in Rembang Regency. The results of the determination test showed that the four independent variables in this study were only able to explain 31.7% of the dependent variable, while the other 68.3% was explained by other factors outside this research model.

Abstrak

Guna penelitian ini untuk membuktikan pengaruh persepsi harga, customer review, customer rating dan promosi flash sale terhadap keputusan pembelian Shopee di Kabupaten Rembang. Populasi penelitian merupakan masyarakat Kabupaten Rembang yang menggunakan Shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convienience sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan  yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian dan analisis menunjukkan; 1) variabel persepsi harga dan customer review secara individu berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Shopee di Kabupaten Rembang, 2) variabel customer rating berprngaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Shopee di Kabupaten Rembang, 3) variabel promosi flash sale berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Shopee di Kabupaten Rembang. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa keempat variabel independen dalam penelitian ini hanya mampu menjelaskan sebesar 31,7% pada variabel dependen, sedangkan lainnya 68,3% dijelesakan oleh faktor lain di luar model penelitian ini.

References

Asiyah, O. T. P. S., & ABS, M. K. (2020). ‘Pengaruh Online Customer Review, Rating Toko Dan Harga Terhadap Minat Pembelian Di Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang FEB jurusan Manajemen angkatan 2017) Okky’. E – Jurnal Riset Manajemen Diponegoro Journal of Management, Vol. 11 No. 2 tahun 2022.

Dinata, M. S. & Khasanah I. (2022) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Edeb International Semarang’, Diponegoro Journal of Management, Vol. 11 No. 2, Hal:1-9.

Ghozali, I. (2018) ‘Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19’, Semarang, Universitas Diponegoro, Edisi 5.

Herlina, Loisa J. & Matius T. (2021) ‘Pengaruh Model Promosi Flash Sale Terhadap Minat Pembeli dan Keputusan Pembelian di Marketplace Online’, JIMEA, Vol. 5 No. 2, Hal:1637-1651.

Kotler, P. & G. Armstrong (2012) Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Erlangga, Jakarta. Hal:141-146

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). ‘Marketing management’, New Yersey: Prentice Hall.

Nathasya (2018) ‘Apa Itu Marketplace’. From https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-marketplace/.

Praestuti, C. (2020) ‘Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen pada Mama-mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Nabire’, Junal Administrasi Bisnis, Vol. 10 No. 1.

Wandebori, H. & Putri, L. (2016) ‘Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention’, 1, pp. 255–263.

Sianipar, F. A. H. & Yoestini (2021) ‘Analisis Pengaruh Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online di Marketplace (Studi pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang), Diponegoro Journal of Management, Vol. 10 No. 4, Hal:1-9.

Sugiyono (2016) ‘Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D’. Alfabeta, Bandung.

Suryana, (2001), ‘Kewirausahaan’, Jakarta Penerbit Salemba Empat.

Zakiyyah, A. M. (2018) ‘Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery”’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia’, Vol. 4 No. 1.

www.cnbcindonesia.com/tech/20220602154502-37-343830/ini-dia-raja-e-commerce-di-asia-tenggara-bisa-tebak. Diakses pada tanggal 21 Agustus 2022, pukul 21:15 WIB.

www.topbrand-award.com, 2021 Diakses pada tanggal 21 Agustus 2022, pukul 21:45 WIB.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Siti Noor Aisyah, & Syaiko Rosyidi. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA, CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING DAN PROMOSI FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE . Jurnal Kompetitif, 12(1), 48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83