Pengaruh Citra Merek, Varian Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo

Authors

  • Radika Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Baidowi Abdhie Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Herlan Djunaidi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/kompetitif.v13i1.589

Keywords:

Citra Merek, Varian Produk, Harga, Keputusan Pembalian

Abstract

Abstract  This research was conducted at Tridinanti University, Faculty of Economics and Business, Management study program which aims to find out how much influence brand image, product variants and price have on OPPO smartphone purchasing decisions (Case Study of Undergraduate Students at the Faculty of Management Economics Semester 7, Tridinanti University). The sample in this study was 70 people. The analysis technique used is multiple linear regression which is processed using the Statistical Product and Service Solution (SPSS) computer program version 25.0.

The results of this research produce a multiple linear regression equation model Y = 2,231 + 0.283 X1 + 0.237 X2 + 549 X3 + e. The constant has a positive value of 2.231, meaning it shows a unidirectional influence between the independent variable and the dependent variable. A Sig F value of 0.00 < 0.05 shows that brand image, product variants and price simultaneously have a significant influence on the decision to purchase an OPPO smartphone (Case Study of Undergraduate Students at the 7th Semester Faculty of Management Economics, Tridinanti University). In the partial T test, the Image variable has a positive and significant effect with a sig value of 0.007 < 0.05. The second variable: Product variant has a positive and significant effect on the decision to purchase an OPPO smartphone (Case Study of Undergraduate Students, Faculty of Management Economics Semester 7, Tridinanti University), with a sig value of 0.043 > 0.05 and Price has a positive and significant effect on the decision to purchase an OPPO smartphone (Case Study of Students S1 Faculty of Management Economics Semester 7, Tridinanti University), with a score of 0.000 < 0.05.

Abstrak : Penelitian ini dilakukan di Universitas Tridinanti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program studi manajemen yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek, varian produk, dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Manajemen Semester 7 Universitas Tridinanti). Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah menggunakan bantuan program komputer Statistical Product and Service Solution (SPSS) varsi 25.0.

Hasil penelitian ini menghasilkan model persamaan regresi linier berganda Y = 2.231 + 0,283 X1 + 0,237 X2 + 549 X3 + e. Konstanta memiliki nilai positif 2.231, artinya menunjukkan pengaruh yang searah antara variabel independen dan variabel dependen. Nilai Sig F 0,00 < 0,05 menunjukkan Citra merek, Varian produk, dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian smartphone OPPO (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Manajemen Semester 7 Universitas Tridinanti). Pada Uji T secara parsial variabel Citra merek berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig sebesar 0,007 < 0,05. Variabel kedua Varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian smartphone OPPO (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Manajemen Semester 7 Universitas Tridinanti), dengan nilai sig 0,043 > 0,05 dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian smartphone OPPO (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Manajemen Semester 7 Universitas Tridinanti), dengan nilai 0,000 < 0,05.

References

Aakellr, D. A, (2010), Measuring brand equity across products and markets, Calillfornilla: Managellmellnt Rellvillellw.

Alma, Bucharill, (2013), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabellta.

Alfillan, B, (2012), Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar: Skrillpsill Unillvellrsilltas Hasanuddilln.

Amstrong, Gary & Philllillp, Kotlellr. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Alillh Bahasa Alellxandellr Sillndoro dan Bellnyamilln Molan. Jakarta: Pellnellrbillt Prellnhalillndo.

Armstrong, Kotlellr (2016), Marketing An Introduction, Edisi 13, USA: Pellrason Ellducatillon.

Andrill Willcaksono, (2007), Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya, Jakarta.

Arillkunto, Suharsillmill. (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rillnellka Cillpta.

Arthur A. Thomson, M. A, (2016), Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings, Nellw York: McGraw-Hillll Ellducatillon.

Bailldowill Abdhillell, (2023), Praktikum Statistik, Fakultas Ellkonomill Dan Billsnills, Unillvellrsilltas Trilldillnnatill Palellmbang.

Basu, Swastha, (2010), Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen, Yogyakarta. BPFEll UGM.

Bhillnnellka.com, (Aksells Melllaluill Illntellrnellt Lillnk https://www.bhillnnellka.com/blog/hp-oppo-tellrbaillk/amp/) Dillaksells pada 22 Novellmbellr 2023. Pukul 11:59 WIllB

Databoks.katadata.co.illd, (Aksells Melllaluill Illntellrnellt Lillnk Databoks.katadata.co.illd https://databoks.katadata.co.illd/datapublillsh/2023/11/21/pellngillrillman) Dillaksells pada 21 Novellmbellr 2023. Pukul 11:17 WIllB.

Dellwill Laillly Purnamasarill, Dellwill Maharanill Purbasarill, dan Adillnda Nur Kholillfah, (2022), Pengaruh Varian Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Centra Batik Di Bandar Lampung, Unillvellrsilltas Saburaill dan Unillvellrsilltas Milltra Illndonellsilla.

Fandy, Tjillptono, (2010), Strategi Pemasaran, Edisi ketujuh, Pellnellrbillt Andill: Yogyakarta.

Fandy, Tjillptono, (2015), Strategi Pemasaran Edisi 4, Pellnellrbillt Andill: Yogyakarta.

Farras Abhillsta, (2021), Pengaruh Citra Merek, harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shoopee di Daerah Istimewa Yogyakarta, Unillvellrsilltas Illslam Illndonellsilla Yogyakarga.

Goodstats.illd (Aksells Melllaluill Illntellrnellt Lillnk Goodstats.illd https://goodstats.illd/artillclell/10-nellgara-dellngan-pellngguna-smartphonell) Dillaksells pada 20 Novellmbellr 2023. Pukul 10:04 WIllB.

Husellilln, Umar, (2011), Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11, Jakarta: PT Raja Grafillndo Pellrsada.

Illkell Vanellssa, (2017), Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Unillvellrsilltas Brawilljaya.

Kotlellr, Philllillp & Kellllellr., (2008), Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Ellrlangga: Jakarta.

Kotlellr, P dan Kellllellr, K.L, (2016), Manajemen Pemasaran Jilid I. Ellrlangga: Jakarta.

Kotlellr dan Kellllellr, (2012), Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jakarta : Ellrlangga

Kotlellr, Philllillp, (2012), Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Illndonellsilla Jilllilld 1 dan 3 Celltakan, Jakarta: Rajawalill

Kotlellr, Philllillp., Kellllellr, Kellvilln L, (2013), Manajemen Pemasaran Jilid Kedua, Jakarta: Ellrlangga.

Kotlellr, P dan Amstrong, (2018), Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh, Pellnellrbillt Salellmba Ellmpat. Jakarta

Kotlellr, Philllillp dan Kellvilln Lanell Kellllellr, (2017), Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid 2, Jakarta: Ellrlangga.

Muhammad Fakhru Rillzky NST Hanillfa Yasilln, (2014), Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan.

Nova Kurnilla Dellwill Lellstarill, Srill Ellkowatill, (2020), Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat, Unillvellrsilltas Muhammadillyah Bellngkulu.

Nur Amalilla, (2019), Pelngaruh Cilrta Melrelk, Harga dan Kualiltas Produk Telrhadap Kelputusan Pelmbellilan (Studil Kasus Pada Konsumeln Milel Elndelss Dil Bangkalan, Unillvellrsilltas Trunojoyo Madura.

Rambat Lupillyoadill, (2013), Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ke 3, Salellmba Ellmpat: Jakarta.

Sugillyono, (2013), Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: ALFABEllTA.

Sugillyono, (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabellta.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Radika Anggraini, Baidowi Abdhie, & Herlan Djunaidi. (2024). Pengaruh Citra Merek, Varian Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Jurnal Kompetitif, 13(1), 29–47. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v13i1.589