Strategi Pemasaran dan Promosi untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Pakaian Emi

Authors

  • Eva Susanti Institut Agama Islam Al-quran Al-Ittifaqiah, Indralaya, Sumatera Selatan
  • Msy. Mikial Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Hidayani Institut Agama Islam Al-quran Al-Ittifaqiah, Indralaya, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/kompetitif.v13i1.482

Abstract

Abstract : This research explains marketing and promotional methods and strategies to increase the number of product sales at EMI Clothing Stores. The aim of this research is to determine marketing and promotional strategies to increase product sales at the EMI Clothing Store located at Jalan Mayor Santoso, Twenty Ilir Tiga Subdistrict, Ilir Timur Satu District, Palembang. The research method used is a qualitative descriptive research method. Using qualitative descriptive methods to provide an overview of a company's marketing and promotion strategy from data collection and the results of observations and interviews which are then analyzed and explained using existing theories, then conclusions and suggestions are made. From the analysis that has been carried out, the conclusion of this research shows that at the EMI Clothing Store, there are various kinds of promotional activities to increase product sales. In 2021, the promotions carried out are by placing banners, promoting to people closest to you, making sales on credit, giving stickers to customers and carrying out promotions via WhatsApp. In 2022, the promotions carried out will increase, namely by providing discounts, promotions via plastic bags, providing 10% discount vouchers, providing year-end promotions and promotions by buying now pay next month. From this analysis, the Emi Clothing Store should increase its promotional activities, such as making brochures, making member cards for its consumers, and so on, so that more consumers know about the EMI Clothing Store and make purchases.

Abstrak : Penelitian ini menjelaskan tentang cara dan strategi memasarkan serta promosi untuk meningkatkan jumlah penjualan produk pada Toko Pakaian EMI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dan promosi untuk meningkatkan penjualan produk pada Toko Pakaian EMI yang beralamat jalan Mayor Santoso Kelurahan Dua Puluh Ilir Tiga Kecamatan Ilir Timur Satu Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran tentang Strategi pemasaran dan promosi sebuah perusahaan dari pengumpulan data dan hasil observasi serta wawancara lalu kemudian dianalisa dan dijelaskan dengan teori yang telah ada selanjutnya dibuat dalam kesimpulan dan saran. Dari analisa yang telah dilakukan kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa di Toko Pakaian EMI, terdapat berbagai macam kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan produknya. Pada  tahun 2021, promosi yang dilakukan adalah dengan memasang banner, mempromosikan ke orang-orang terdekat, melakukan penjualan secara kredit, memberikan stiker ke pelanggan dan melakukan promosi melalui whatsaap. Pada tahun 2022, promosi yang dilakukan mengalami penambahan yaitu dengan memberikan potongan harga, promosi melalui kantong plastik, memberikan voucher diskon 10%, memberikan promosi akhir tahun dan promasi dengan cara beli sekarang bayar bulan depan. Dari analisa tersebut sebaiknya Toko Pakaian Emi menambah kegiatan promosinya, seperti membuat brosur, membuat kartu member untuk para konsumennya, dan lain sebagainya, sehingga makin banyak konsumen yang mengetahui tentang Toko Pakaian EMI dan melakukan pembelian. 

References

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu Swasta dan Hani Handoko, 2015, Manajemen Pemasaran: Analisa dan. Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta

Basu Swastha, 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta.

Darmanto & Sri Wardaya. 2016. “Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah”. Yogyakarta: Deepublish

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Sutopo. 2006. Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian.

Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Eva Susanti, Msy. Mikial, & Hidayani. (2024). Strategi Pemasaran dan Promosi untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Pakaian Emi. Jurnal Kompetitif, 13(1), 63–78. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v13i1.482