ANALISIS LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BRIMO (STUDI KASUS NASABAH BRI DI SEMARANG TIMUR)

Authors

  • Sri Dewi Astuti Prodi Manajemen, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Efriyani Sumastuti Prodi Manajemen, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Ratih Hesty Utami Puspitasari Prodi Manajemen, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.152

Keywords:

ease of use, customer value, service quality, security of trust, customer loyalty

Abstract

This study departs from the findings which show that the development of customer loyalty of Brimo users can be seen from the number of Brimo users each year. In 2019, BRImo users reached 17%, then in 2020 the number of customers using BRImo increased to 20.5%, but in 2021 it decreased to 17%, so researchers are willing to examine what factors contributed to the decline in BRImo user customers. However, in 2022 and 2023 there will be an increase or stability of customers using BRImo up to 19.8%. The factors that influence customer loyalty are ease of use, customer value, service quality, security and trust departing from these problems, this study used quantitative research analysis, data collection using a questionnaire and taking a sample of 100 respondents using the Non-Probability Sampling technique. Through instrument test, description analysis, multiple linear regression analysis, analysis of the coefficient of determination (R2) classical assumption test and hypothesis test. The test results show that ease of use has no effect on customer loyalty as evidenced by the t count value is smaller than t table (1,228 <1,660), customer value has an effect on customer loyalty as evidenced by the t count value is greater than t table (5,676> 1,660) ), service quality has no effect on customer loyalty as evidenced by the t count value is smaller than t table (0.518 <1.660), security has no effect on customer loyalty as evidenced by the t count value less than t table (-0.653 <1.660), trust has an effect on customer loyalty as evidenced by the t-count value greater than t table (2.162> 1.660) and ease of use, customer value, service quality, security, trust simultaneously affect customer loyalty as evidenced by a significance value of less than 0.05 ( 0.000 < 0.05).

Abstrak

Pada studi ini berangkat dari temuan yang menunjukan bahwa perkembangan loyalitas nasabah pengguna Brimo dilihat dari jumlah pengguna Brimo di setiap tahunnya. Pada tahun 2019 pengguna brimo mencapai 17% lalu pada tahun 2020 mengalami kenaikan jumlah nasabah pengguna BRImo sehingga mencapai 20,5% namun pada tahun 2021 mengalami penurunan hingga 17%, sehingga peneliti bersedia untuk meneliti apa yang menjadi faktor turunnya nasabah pengguna BRImo. Namun pada tahun 2022 dan 2023 mengalami kenaikan atau kestabilan nasabah pengguna BRImo hingga 19,8%. Adapun faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah adalah kemudahan penggunaan,nilai pelanggan,kualitas layanan, keamanan dan kepercayaan Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis penelitian kuantitatif, Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Melalui uji Intrumen, analisis deskripsi, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2) uji asusmsi klasik dan uji hipotesisis.Hasil pengujian menunjukan bahwa kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1.228<1.660), nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5.676>1.660)), kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0.518<1,660), keamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (-0,653 < 1,660), kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2.162>1,660) dan kemudahan penggunaan,nilai pelanggan,kualitas layanan, keamanan, kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05).

References

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06

Mandiri, A., Yanto, E., & Metekohy, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Bri Mobile (Brimo). Account, 8(1), 1423–1430. https://doi.org/10.32722/acc.v8i1.3874

Nurhanifa, A. (2016). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN (USABILITY) TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PENGGUNA BRI MOBILE (BRIMO) DI BANDAR LAMPUNG. 1–23.

Septiawati, R. A. K. D. P. W. (2016). PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA TOKO UD SUBUR DI KABUPATEN BONDOWOSO Rizky. 1(5), 1–23.

Tambunan, A. P., & SIBURIAN, M. S. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Ksp (Cu) Maju Bersama Kasikan, Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.54367/jrak.v7i2.1382

Ulfah, N. N., Rahman, T., & Arifin, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bpr Muara Uya. Japb, 3, 477–490. http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/292%0Ahttps://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/japb/article/download/292/237

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Sri Dewi Astuti, Efriyani Sumastuti, & Ratih Hesty Utami Puspitasari. (2023). ANALISIS LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BRIMO (STUDI KASUS NASABAH BRI DI SEMARANG TIMUR). Jurnal Kompetitif, 12(2), 165–179. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.152