PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL: PEMBUDAYAAN DIMENSI MANDIRI

Authors

  • Idawati Idawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Harun Joko Prayitno Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Harsono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anam Sutopo Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v4i2.151

Abstract

This research generally aims to cultivate the independent dimension among Khadijah Junior High School students in learning Indonesian language through audiovisual media. The research in this article aims to describe the independent dimension among Khadijah Junior High School students, focusing on two main elements: self-understanding and the situations faced, as well as self-regulation. Overall, this research is a development study. The research design used in this
article is qualitative ethnography. The research was conducted at Khadijah Junior High School in Pesawaran, Lampung. Data collection techniques included observation, interviews, and analysis. Data validation was done through source and time triangulation. Data analysis was conducted using reciprocal method. The research findings indicate that Khadijah Junior High School students, through habituation, can develop the cultivation of the independent dimension through audiovisual media.

Abstrak

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk pembudayaan dimensi mandiri pada siswa SMP Khadijah dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui media audio visual. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi mandiri pada siswa SMP Khadijah, terkait elemen yang pertama pemahaman diri dan situasi yang dihadapi dan yang kedua regulasi diri. Secara keseluhan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Jenis penelitian pada artikel ini penelitian kualitatif etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Khadijah Pesawaran, Lampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reciprocal. Hasil penelitian siswa SMP Khadijah melalui pembiasaan dapat membentuk pembudayaan dimensi mandiri melalui media audio visual.

References

Bariyah, Atik, Miftahul Jannah, and Hikmatu Ruwaida. 2023. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7(1): 572–82.

Evi Nur Khofifah, and Siti Mufarochah. 2022. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.” AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(2): 60–65.

Gabriela, Novika Dian Pancasari. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 104–13.

Muh. Sain Hanafy. 2014. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17(1): 66–79.

Manab, Abdul. 2016. “Memahami Regulasi Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual.” Psychology & Humanity: 7–11.

Mask, Face. 2018. “Research Article.” 4(Summer): 488–91.

Matematika, Pendidikan, Fkip Ums, Abstrak Penelitian, and Jawa Tengah. 2012. “PASCABENCANA ERUPSI MERAPI Sutama , Sabar Narimo , Dan Haryoto MANAGEMENT OF MATHEMATICS LEARING AFTER THE MERAPI ERUPTION DISASTER.” Jurnal Kependidikan 42(1): 7–17.

Miarso, Yusuf Hadi. 2004. MENYEMAI BENIH TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Narimo, Sabar, Desi Dwi Hastuti, and Anam Sutopo. 2019. “Konsekuensi Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Matematika SMA.” Jurnal VARIDIKA 30(2): 1–6.

Parker d.k. 2005. “Menumbuhkan Kemandirian Dan Harga Diri Anak / Deborah K. Parker ; Alih Bahasa, Drs. Bambang Wibisono, M.Pd ; Editor, Sunarni ME.” Jakarta: Prestasi Putrakarya.

Pranowo, Taufik Agung, and Amalia Prihastanti. 2020. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual.” Indonesia Journal of Learning Education and Counseling 2(2): 217–23.

Pristiwanti, D, B Badariah, S Hidayat, and R. S Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6): 1707–15.

RAHAYUNINGSIH, FAJAR. 2022. “Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 1(3): 177–87.

Saputro, Kuncoro Adi, Christina Kartina Sari, and SW Winarsi. 2021. “Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 1910–17.

Schneider, Frank M. et al. 2022. “How and When Do Mobile Media Demands Impact Well-Being? Explicating the Integrative Model of Mobile Media Use and Need Experiences (IM3UNE).” Mobile Media and Communication 10(2): 251–71.

Susilo, Sigit Vebrianto. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 6(2).

Sutama, S. Anif, H. J. Prayitno, and D. P. Sari. 2019. “Metacognitive Knowledge of Mathematics Education Students in Analytical Geometry of Space.” Journal of Physics: Conference Series 1211(1): 012056. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1211/1/012056.

Triningtyas, Diana Ariswanti. 2016. “Menumbuhkan Dimensi Kemandirian Dapat Ditanamkan Kepada Siswa. Unsur Penanamannya Adalah Pemahaman Diri Dan Situasi Yang Dihadapi, Pengaturan Diri. Berangkat Dari Unsur Inilah, Metode Pembiasaan Bekerja Efektif Dalam Penerapan SMP Khadijah Untuk Pembelaj.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 3(1).

Wulandari, Dewi Asri, Saefuddin Saefuddin, and Jajang Aisyul Muzakki. 2018. “Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4(2): 1.

Downloads

Published

31.07.2023

How to Cite

Idawati, I., Harun Joko Prayitno, Harsono, & Anam Sutopo. (2023). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL: PEMBUDAYAAN DIMENSI MANDIRI. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 4(2), 83–92. https://doi.org/10.52333/didactique.v4i2.151

Issue

Section

##section.default.title##