EKSPLORASI PENILAIAN AWAL DALAM MENGGALI PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI MORAL DALAM LEGENDA MALING KUNDANG

Authors

  • Indah Sulmayanti Universitas Nurul Huda
  • Sindi Qurotul Uyun Universitas Nurul Huda
  • Endang Nurfatonah Nurfatonah Universitas Nurul Huda
  • Devi Oktaviani Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.52333/didactique.v6i2.1404

Keywords:

Penilaian, Moral, Malin Kundang, Siswa

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penilaian awal dalam menggali pemahaman siswa terhadap nilai moral dalam legenda Malin Kundang. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data berupa cerita rakyat Malin Kundang dan Profil Pelajar Pancasila. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VIII di MTs Psm Suka Agung, Kabupaten Buay Bahuga. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan tugas tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu memahami pesan moral cerita secara literal, seperti pentingnya menghormati orang tua dan menjaga asal-usul. Namun, hanya sebagian kecil siswa yang mampu mengaitkan cerita dengan aspek psikologis, tekanan sosial, dan kehidupan pribadi mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa penilaian awal dapat menjadi instrumen penting untuk memetakan tingkat pemahaman moral siswa, sehingga guru dapat merancang pembelajaran yang lebih kontekstual dan reflektif. Implementasi metode pembelajaran aktif seperti bermain peran, diskusi, dan Problem-Centered Learning (PCL) disarankan untuk meningkatkan pemahaman moral yang lebih mendalam dan aplikatif.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ayu, Y. F., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2024). EKSPLORASI KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING ( PCL ) Pendahuluan Pada Indonesia , peserta empat yaitu didik Bahasa harus salah bahwa menulis adalah satu keterampilan . 10(2), 961974.

Ceswell, J. W. (2016). Research Desingh: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Julia, H., & Sitorus, C. (2024). Eksplorasi karakter dalam Legenda Malin Kundang dan relevansinya dengan profil pelajar Pancasila.6(2),298309. https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.10589

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek

Moelong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 50415051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865

Ramadhan, D., & Sari, I. N. (2025). Pengaruh lingkungan sosial terhadap degradasi moral sopan santun anak. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 225236. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/download/8186/6729/188

Qomaruddin, Q., & Sadiyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. JOMAA, 1(2), 7784.

Downloads

Published

31.07.2025

How to Cite

Indah Sulmayanti, Sindi Qurotul Uyun, Nurfatonah, E. N., & Devi Oktaviani. (2025). EKSPLORASI PENILAIAN AWAL DALAM MENGGALI PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI MORAL DALAM LEGENDA MALING KUNDANG. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 6(2), 154–161. https://doi.org/10.52333/didactique.v6i2.1404

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)