EKSPLORASI PENILAIAN AWAL DALAM MENGGALI PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI MORAL DALAM LEGENDA MALING KUNDANG
DOI:
https://doi.org/10.52333/didactique.v6i2.1404Keywords:
Penilaian, Moral, Malin Kundang, SiswaAbstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penilaian awal dalam menggali pemahaman siswa terhadap nilai moral dalam legenda Malin Kundang. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data berupa cerita rakyat Malin Kundang dan Profil Pelajar Pancasila. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VIII di MTs Psm Suka Agung, Kabupaten Buay Bahuga. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan tugas tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu memahami pesan moral cerita secara literal, seperti pentingnya menghormati orang tua dan menjaga asal-usul. Namun, hanya sebagian kecil siswa yang mampu mengaitkan cerita dengan aspek psikologis, tekanan sosial, dan kehidupan pribadi mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa penilaian awal dapat menjadi instrumen penting untuk memetakan tingkat pemahaman moral siswa, sehingga guru dapat merancang pembelajaran yang lebih kontekstual dan reflektif. Implementasi metode pembelajaran aktif seperti bermain peran, diskusi, dan Problem-Centered Learning (PCL) disarankan untuk meningkatkan pemahaman moral yang lebih mendalam dan aplikatif.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ayu, Y. F., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2024). EKSPLORASI KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING ( PCL ) Pendahuluan Pada Indonesia , peserta empat yaitu didik Bahasa harus salah bahwa menulis adalah satu keterampilan . 10(2), 961974.
Ceswell, J. W. (2016). Research Desingh: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Julia, H., & Sitorus, C. (2024). Eksplorasi karakter dalam Legenda Malin Kundang dan relevansinya dengan profil pelajar Pancasila.6(2),298309. https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.10589
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek
Moelong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 50415051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Ramadhan, D., & Sari, I. N. (2025). Pengaruh lingkungan sosial terhadap degradasi moral sopan santun anak. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 225236. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/download/8186/6729/188
Qomaruddin, Q., & Sadiyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. JOMAA, 1(2), 7784.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indah Sulmayanti, Sindi Qurotul Uyun, Endang Nurfatonah Nurfatonah, Devi Oktaviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.