ANALISIS FAKTOR PENENTU CUSTOMER REPURCHASE INTENTION PADA ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA

Authors

  • Heni Yuvita Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • Rini Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • Fetty Maretha Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • Silvana Oktanisa Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • Yusleli Herawati Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • Nova Andriani Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • Rosita Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • Imas Permatasari Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/ratri.v5i1.405

Keywords:

Customer Experience, Electronic Word of Mouth, Repurchase Intention Customer, Online Travel Agent

Abstract

Abstract : The aim of this research is to determine the influence of customer experience and electronic word of mouth on product repurchase intention on the Traveloka Online Travel Agent (OTA) application. The data analysis method used is statistical analysis using IBM SPSS 26 software. The 100 samples in this study were selected using a purposive sampling method, namely consumers using the Traveloka application who used the Traveloka application more than once. As a result, OTA Traveloka customers will have a repurchase intention if the customer gets a good and memorable experience when completing the ordering process. Then eWOM can influence customer interest in repurchasing products on OTA Traveloka. Then, customer experience and e-WOM simultaneously have a positive and significant effect on the repurchase intention of Traveloka OTA customers.

Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer experience dan electronic word of mouth terhadap repurchase intention product pada aplikasi Online Travel Agent (OTA) Traveloka. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik dengan menggunakan software IBM SPSS 26. 100 sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling yaitu konsumen pengguna aplikasi traveloka yang menggunakan aplikasi traveloka lebih dari satu kali. Hasilnya customer OTA Traveloka akan melakukan repurchase intention apabila customer mendapatkan pengalaman yang baik dan berkesan pada saat melakukan proses pemesanan hingga selesai. Kemudian e-WOM dapat mempengaruhi minat customer untuk repurchase intention produk pada OTA Traveloka. Lalu, customer experience dan e-WOM secara bersamaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention customer OTA Traveloka.

References

Aini I N K., Marlien R.A., Riva’i A R. 2022. Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Konsumen, dan Word of Mouth Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen KFC di Kota Semarang). Jurnal Mirai Management, Vol 7 Issue 2.

Badan Pusat Statistik. 2022. (online). Statistik e-commerce 2022. https://www.bps.go.id/. Diakses pada 25 maret 2023.

Data Indonesia.id. 2023. (Online). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023 . diakses pada 26 Maret 2023.

http://eprints.umpo.ac.id/3037/3/BAB%20II.pdf. Diakses pada 30 Maret 2023.

http://repository.iainkudus.ac.id/ ((Online) diakses pada 29 Maret 2023.

https://repository.bsi.ac.id/index.php. (Online) diakses pada 29 Maret 2023.

Insyra D B., Dwiridotjahjono J., 2022. Pengaruh Customer Experience, Trust dan Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Reservasi Tiket Pesawat di Traveloka. SEIKO : Jurnal of Management & Bussiness 5.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus versi online/daring (dalam jaringan).https://kbbi.web.id/pengalaman . diakses pada 26 Maret 2023.

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas media instagram dan e-wom (electronic word of mouth) terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101-115.

Nilsson, J., & Wall, O. (2017). Online customer experience, satisfaction and repurchase intention for online clothing retailing.

Rustam Muhammad. 2017. Internet Dan Penggunaannya (Survei di Kalangan Masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan).

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak. com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96-106.

similarweb. 2023. (Online). traveloka.com Ranking. https://www.similarweb.com/ . diakses pada 30 Maret 2023.

Tiwa, E. T., Tasik, F. C., & Purwanto, A. (2022). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Usaha Kuliner Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan. Jurnal Ilmiah Society, 2(2).

Wijaya, C., Aziza, S., & Hasanah, W. (2019). Pelanggan dan Kepuasan. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 4(2), 16-25.

Yunitasari F. 2018. Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Yuvita, H., Rini, Maretha, F., Oktanisa, S., Yusleli Herawati, Andriani, N., Rosita, & Imas Permatasari. (2023). ANALISIS FAKTOR PENENTU CUSTOMER REPURCHASE INTENTION PADA ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA . Jurnal Riset Akuntansi Tridinanti (Jurnal Ratri), 5(1), 39–46. https://doi.org/10.52333/ratri.v5i1.405

Most read articles by the same author(s)