PENGARUH CITA RASA, LABEL HALAL, PENETAPAN HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SAMYANG PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS YPPI REMBANG

Authors

  • Karina Emelinda Octavian Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YPPI Rembang, Jawa Tengah
  • Syaiko Rosyidi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YPPI Rembang, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.81

Keywords:

cita rasa, label halal, penetapan harga, iklan, keputusan pembelian

Abstract

The purpose of this study was to prove the effect of taste, halal labeling, pricing and advertising on purchasing decisions for Samyang Noodles for students of the Faculty of Economics and Business, YPPI University, Rembang. The research population was FEB UYR students who had purchased, consumed or seen Samyang Noodle advertisements. The sampling technique uses quota sampling with a sample of 100 respondents. The data analysis technique used multiple linear regression analysis with the SPSS 24 tool. The results of the study proved that the variables of taste and pricing partially had a significant positive effect on purchasing decisions for Samyang Noodles on FEB UYR students, while the halal label and advertising variables had a partial positive effect not significant effect on purchasing decisions of Samyang Noodles among FEB UYR students. The results of the determination test showed that the variable taste, halal label, pricing and advertising were only able to influence purchasing decisions by 44.7% while the remaining 55.3% were influenced by other variables outside of this study.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh cita rasa, label halal, penetapan harga dan iklan terhadap keputusan pembelian Mie Samyang pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YPPI Rembang. Populasi penelitian adalah mahasiswa FEB UYR yang pernah melakukan pembelian, mengkonsumsi atau melihat iklan Mie Samyang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan quota sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier bergandan dengan alat bantu SPSS 24. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel cita rasa dan penetapan harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Samyang pada mahasiswa FEB UYR, sedangkan variabel label halal dan iklan secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Samyang pada mahasiswa FEB UYR. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa variabel cita rasa, label halal, penetapan harga dan iklan hanya mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 44,7% sedangkan sisanya yaitu 55,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

Asmini, Suprianto & Akmal M. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang (Studi Konsumen di Indomaret Kelurahan Bugis)’, SAMALEWA Jurnal Riset dan Kajian Manajemen, Vol. 1 No. 2, p 170-177..

Ghozali, I. (2018) ‘Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21’, Semarang, Badan Penerbit Undip.

Habibah, A. (2020)’Analisis Labelisasi Halal, Harga dan Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Prouduk Mie’. Jurnal QIEMA (Qomaruddin Islamic Magazine), Vol.6 No. 1, Hal: 58-84.

Imantoro, F., Sharyono & Sunarti (2018) ‘Pengaruh Citra Merek, Iklan dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen Mie Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al-Hamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 57 No. 1, Hal:180-187.

Ismunandar, Muhajirin & Intisari, H. (2021) ‘Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kota Bima’, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 No. 1, Hal: 161-166.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2016) ‘Dasar-Dasar Pemasaran’. Jilid I, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Penerbit. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, P. & Kevin K. (2012). ‘Manajemen Pemasaran’, Edisi 13, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. & Kevin K. (2012). ‘Manajemen Pemasaran’, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kusumaningrum, F. D. (2019) ‘Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang’. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung. Tidak dipublikasikan.

Maharani, N., Tati H. & Prima D. P. (2021) ‘Analisis Keputusan Pembelian Mie Samyang Halal di Jakarta’. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, Vol. 06 No. 02, Hal:99-110.

Rachmah, S. M. (2022) ‘Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo’, IJOSMAS (Internatonal Journal of Social and Management Studies). Vol. 3 No. 4. Hal:82-88.

.

Shimp, A. T. (2003) ‘Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu’, Jilid I ( edisi 5), Jakarta :Erlangga.

Sugiyono (2014) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D’, Bandung, Alfabeta.

Swasta, B. & Handoko H. (2011)’Manajemen Pemsaran-Analisis Perilaku Konsumen’. BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2016) ‘Strategi Pemasaran’, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Wibowo, S. F. & Karimah M. P (2012). ‘Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan pembelian sabun lux (survei pada pengunjung mega bekasi hypermall)’. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Jakarta. Vol 3,No. 1.

Wikipedia Bahasa Indonesia (2020) ‘Cita Rasa’ https://id.wikipedia.org/wiki/Cita_rasa diakses 1 April 2020, 14:30 WIB.

Yusuf, Q (2007) ‘Halal dan Haram dalam Islam’. Era Intermedia, Surakarta.

https://id.wikipedia.org/wiki/Halal diakses 1 April 2022 13.45 WIB.

https://mui.or.id

https://www.tryandreview.com/id/food/pasta-noodles/samyang/product/mie-goreng-pedas-rasa-ayam diakses pada tanggal 10 Agustus 2022, 20:45 WIB

https://wartaekonomi.co.id/read289726/profil-perusahaan-samyang-mie-instan-asal-korsel-yang-pedasnya-disukai-rakyat-indonesia?page=2

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Karina Emelinda Octavian, & Syaiko Rosyidi. (2023). PENGARUH CITA RASA, LABEL HALAL, PENETAPAN HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SAMYANG PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS YPPI REMBANG. Jurnal Kompetitif, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.81