PENYULUHAN PENTINGNYA MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA SEJAK DINI UNTUK SISWA MADRASAH MARDHATILLAH, PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH

Authors

  • Zubaidah Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Alditya Aris Rinandy Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Pantani Dahlan Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Hamdan Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Ahmad Afandi Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Yuli Anita Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Sukaria Darmawan Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Tesha Amanda Putri Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Amanda Clarissa Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan
  • Rizky Eko Fakultas Ekonomi, Universitas Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52333/jem.v2i2.400

Keywords:

Wirausaha, Wirausahawan

Abstract

Wirausaha diartikan sebagai seseorang atau pelaku yang melakukan kegiatan usaha atau niaga secara mandiri. Wirausahawan adalah pelaku usaha, khususnya kegiatan yang dapat menambah nilai suatu produk atau jasa melalui transformasi, kreativitas, inovasi dan kepekaan terhadap lingkungannya. Minat berwirausaha harus ditumbuhkan sejak dini untuk mencetak wirausahawan muda yang kreatif, inovatif, berani dan mampu bersaing dengan dunia. Kegiatan ini dlaksanakan dengan proses tatap muka. Kegiatan ini dihadiri 26 siswa laki-laki dimana semuanya merupakan siswa Madrasah Mardhatillah, Pondok Pesantren Hidayatullah, Rambutan, Banyuasin. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa para siswa antusias dengan materi yang diberikan dan mulai membuka wawasan bagi mereka untuk menjadi wirausahawan muda di masa yang akan datang.

References

Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan. CV. Penerbit Qiara Media.

Herawaty. (2016) Wirausaha Muda Dalam Peningkatan Pembangunan Pertanian. Agrica Ekstensia 10(2) 81-87.

Khamimah, W., (2021) Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis 4 (3) 228-240. http://dx.doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676.

Kusuma, I.L,. Nur Fitria, T,. Dewi, M.Y. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi Milenial di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid 19. Jurnal BUDIMAS 3(2) 315-321.

Purnomo, A., Sudirman, A., Hasibuan, A., Sudarso, A., Sahir, S. H., Salmiah, S., Mastuti, R., Chamidah, D., Koryati, T., & Simarmata, J. (2020). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Rizal, R., Octarinie, N., Wibowati, J., Rahayu, E., Henson, Martini. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Aplikasi Mendeley Untuk

Mahasiswa Fakultas Ekonomi. JPMK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2) 234-241.

Saragih, R,. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan 3(2) 26-34.

Supit, N.F.S., Lasut, J., Kandowangko, N. (2022). Wirausaha Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Society 2(3) 1-6.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Zubaidah, Alditya Aris Rinandy, Pantani Dahlan, Hamdan, Ahmad Afandi, Yuli Anita, Sukaria Darmawan, Tesha Amanda Putri, Amanda Clarissa, & Rizky Eko. (2023). PENYULUHAN PENTINGNYA MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA SEJAK DINI UNTUK SISWA MADRASAH MARDHATILLAH, PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH. Jurnal Ekonomi Mengabdi, 2(2), 96–103. https://doi.org/10.52333/jem.v2i2.400

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.