Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Menggunakan Metode Four Square Writting Kelas XI SMK Negeri 4 Medan

IMPROVEMENT OF ARGUMENTATION TEXT WRITING SKILLS USING THE FOUR SQUARE WRITING METHOD CLASS XI SMK NEGERI 4 MEDAN

Authors

  • Diaz Maulana Diaz Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tepu Sitepu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Agustinawati SMK Negeri 4 Medan

Keywords:

menulis, teks deskripsi , metode four square writting (FSW)

Abstract

Astrak

Permasalahan pada penelitian ini yaitu peserta didik di SMK Negeri 4 Medan pada pembelajaran Bahasa Indonesia mengalami kendala saat menulis teks argumentasi secara baik dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana keterampilan menulis teks argumentatif diajarkan kepada siswa kelas XI dan bagaimana keterampilan tersebut ditingkatkan melalui penggunaan metode four square. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada 2 siklus dengan teknik pengumpulan data tes dan non tes. Subjek pada penelitian ini adalah 26 siswa kelas XI TSM 4 di SMK Negeri 4 Medan. Pada penelitian ini di dapatkan data peningkatan keterampilan menulis teks argumentasi dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai rataan yang diperoleh peserta didik XI TSM 4 pada siklus 1 mencapai 70 sedangkan pada siklus 2 mencapai nilai rata-rata 85. Data yang di dapatkan dari penelitian ini menunjukkan metode four square dapat meningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi  siswa kelas XI TSM 4 di SMK Negeri 4 Medan

References

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis (Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa). Yogyakarta: ANDI.

Dwisaptarida, Febrisa dkk. 2024. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Dengan Metode Four Square Pada Siswa Kelas XI. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Gould, J.S., & Burke, M. F. (2010). Four Squares Assesment for Writing Secondary: A Companion to the Four Square Writing Method. USA: Teaching & Learning Company.

Mahiroh, L. Z. (2022). Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Gambar. Senada Media (Seminar Nasional Daring), 414–419.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE.

Rahayu, Susiowati. 2023. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Recount Melalui Four Square Writing Method (FSWM) Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Salaman Tahun Pelajaran 2021/2022. SICEDU : Science and Education Journal

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Sutarman. 2009. “Pengajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) bagi Peningkatan Kemampuan Menulis” dalam Dadang S. Anshori dan Sumiyadi (Ed). Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Pendidikan. Bandung: FPBS, UPI.

Widyamartaya. 1990. Kreatif Mengarang. Yogyakarta : Kanisiuss

Downloads

Published

31.01.2025

How to Cite

Diaz, D. M., Tepu Sitepu, & Agustinawati. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Menggunakan Metode Four Square Writting Kelas XI SMK Negeri 4 Medan: IMPROVEMENT OF ARGUMENTATION TEXT WRITING SKILLS USING THE FOUR SQUARE WRITING METHOD CLASS XI SMK NEGERI 4 MEDAN. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 6(1), 63–70. Retrieved from https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/Didactique/article/view/764

Issue

Section

##section.default.title##