UPAYA GURU DALAM MENGATASI KURANGNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA
TEACHER'S EFFORTS IN OVERCOMING THE LACK OF INTEREST IN LEARNING IN CLASS V STUDENTS USING THE SOCIODRAMA LEARNING MODEL
Keywords:
Upaya Guru, Kurangnya Minat Belajar, Model Pembelajaran Sosiodrama, SD Negeri 22 Kabupaten SorongAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kurangnya minat belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran sosiodrama di kelas V SD Negeri 22 Kabupaten Sorong. Selain itu, untuk mengetahui kendala dan solusi guru dalam penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri 22 Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Menggunakan pendekatan fenomenologis sebagai pendekatan utama dan dibantu dengan dua pendekatan keilmuan yaitu pendekatan pedagogis dan psikologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 22 Kabupaten Sorong sebagai sumber data primer dan dokumen-dokumen sebagai sumber data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dan diolah dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan metode sosiodrama pembelajaran dan minat peserta didik mengalami perubahan dan peningkatan pada pertemuan ke 4 dan ke 5. Kendala yang dihadapi pada awal penerapan metode sosiodrama adalah masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menentukan alokasi waktu dalam menampilkan sebuah drama dan kesulitan dalam berbahasa baku.
References
Abu, Ahmadi. (2019). Psikologi Umum, Jakarta: Rieka Cipta.
Anugrah Ratnawati, Marimin. (2019). Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran pada Mata Diklat Produktif ap di SMK Negeri 2 Semarang, Economic Education Analysis Journal.
Akdon. (2019) Strategi Manajemen For Educatjion manajemen, Manajemen Strategi untuk Manajemen Pendidikan Revisi II, Bandung: Alfabeta.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, cet. Ketiga, Jakarta: PT Balai Pustaka.
Chaerul Rochman dan Heri Gunawan. (2018). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru, cet. Kesatu, Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Djamarah, S.B dan Aswan, Z. (2019). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Fahyuni, Eni Fariyatul and Istikomah, Istikomah. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif), Nizamia Learning Center.
Hamida K. Lahay. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Hazari Gustina. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Jamal Ma’mur Asmani. (2019). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, cet. Kedelapan, Yogyakarta: Diva Press.
Juwita, R. (2018). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran Pada Mata Pelajaran Pengembangan Produk Kreatif Di SMK N 5 Kota Jambi, Jurnal Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Khodijah, Nyayu. (2019). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Kompri. (2017). Belajar Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Yogyakarta: Media Akademi.
Mukholladun, Ahmad Wildanum. (2019). Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII YPI SMP Sunan Ampel Bangsal Mojokerto, Skripsi: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nur Hidayah. (2017) Psikologi Pendidikan, Skripsi: Universitas Negeri Malang.
Potilima, Hamid. (2017). Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Cetakan ke-XXI, Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Syah, Muhibbin. (2020). Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2020.
Teguh Aji Wicaksono. (2018). Upaya Meminimalisasikan Kendala Persiapan Pemuatan Benzene di Atas Kapal Mt. Bauhinia, Diploma Thesis, Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Teuku Zakiyul Fuad. (2019). Study Korelasi Antara Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Pada Pesantren Sulaimaniyah Aceh Besar), Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka.
Vredenbergt, Porllit dan Hungler dalam Agus Suitisna. (2018). Pendekatan Kualitatif dan Studi Kasus, Jakarta: Pasca Sarjana Universitas Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maurin Diva Ananda, Surahman Amin, Muhammad Ramli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.