EVALUASI TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK), ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY
DOI:
https://doi.org/10.52333/destek.v12i1.464Keywords:
tarif angkutan kota, biaya operasional kendaraan, Ability To Pay (ATP), Wilingness To Pay (WTP)Abstract
Abstrak: Angkutan Kota Trayek Ampera – Km.5 merupakan salah satu angkutan kota yang melayani daerah yang strategis, dilihat dari rutenya yang dimulai dari terminal Ampera yang berlokasi di Jl.Tengkuruk Permai. Trayek ini merupakan pusat perekonomian yang dimana pengguna angkutan kota akan lebih bervariasi. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pemakai jasa angkutan kota adalah mengetahui besaran biaya tarif berdasarkan BOK dan daya beli penumpang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil pengolahan dan analisis data bahwa tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan ( BOK ) yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan sebesar Rp. 4.000,- telah sesuai karena berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan yang diteliti didapatkan tarif Rp.3.300,- sehingga mendapatkan tarif yang optimal dan Tarif yang berlaku pada saat ini untuk Kategori Umum sebesar Rp.4.000,- dan untuk Kategori Pelajar/Mahasiwa Rp.1.800. Nilai ATP untuk Kategori Umum Pada Hari Kerja sebesar Rp.4.289,- dan Kategori Pelajar/Mahasiswa yaitu sebesar Rp. 2.158,- sedangkan pada Hari Libur untuk Kategori Umum sebesar Rp.4.137- dan untuk Kategori Pelajar/Mahasiswa Rp. 1.984,- telah sesuai dengan tarif yang berlaku, yang artinya mayoritas penumpang Angkutan Kota trayek Ampera-KM.5 Kota Palembang memiliki kemampuan dalam membayar tarif. Sedangkan untuk nilai WTP pada Hari kerja sebesar untuk Kategori Umum Rp.3.286,- dan untuk Kategori Pelajar/Mahasiswa Rp.1.542,- sedangkan nilai WTP pada Hari Libur untuk Kategori Umum sebesar Rp.3.158,- dan untuk Kategori Pelajar/Mahasiswa Rp.1.555,-.Berarti kondisi ini menunjukkan bahwa Kemampuan Membayar penumpang (ATP) lebih besar dari Kemauan Membayar penumpang (WTP).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Felly M.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.