ANALISIS IMPLEMENTASI QUALITY CONTROL CIRCLE UNTUK MENGURANGI DIRTY SEAT BELT PADA BAGIAN ASSEMBLY PT XYZ
DOI:
https://doi.org/10.52333/destek.v13i1.1024Keywords:
OTOMOTIF, Defect Per Unit, Quality Control Circle, DirtyAbstract
Komponen otomotif adalah produk yang sangat mengutamakan kualitas appearance yang baik, sehingga jaminan kualitas harus selalu menjadi prioritas utama. PT XYZ merupakan salah satu Original Equipment Manufacture (OEM) ternama di Indonesia yang memproduksi kendaraan penunpang roda empat. Namun, saat ini perusahaan tersebut masih menghadapi tingkat cacat yang sangat tinggi, terutama pada bagian assembly. Cacat yang paling sering terjadi pada bagian tersebut pada saat pemasangan seat belt, yaitu berupa cacat komponen yang kotor (dirty) dengan rata-rata sebesar 0.043 Defect Per Unit (DPU). Data tersebut diperoleh dari total cacat yang terjadi antara April hingga Agustus 2023. Angka tersebut sangat tinggi dan melebihi target yang ditetapkan perusahaan untuk setiap lini produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hingga memberikan solusi perbaikan agar cacat tersebut dapat diturunkan menggunakan pendekatan analisis Quality Control Circle (QCC). Setelah mengimplementasikan solusi perbaikan, maka defect dirty seat belt tersebut turun menjadi rata-rata sebesar 0.01 DPU pada bulan September 2023 hingga Januari 2024 atau mengalami penurunan hingga 53%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azwar Anas Agung Nugroho, Suhendra; Hamzah Muhammad Mardi Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.